Desa Sidomulyo Bersolek Demi Menangi Lomba Pos Kamling

0
190 views
Kasat Binmas Polres Gresik AKP Junaedi beserta Muspika Kecamatan Sidayu saat menilai pos kamling di Desa Sidomilyo. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sejumlah desa yang ada di Gresik mengikuti lomba pos kamling se-Kabupaten Gresik. Salah satunya yakni Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidayu, Gresik. Sebanyak dua gardu pos kamling yang ada di desa itu tanpak dipercantik.

Kendati cuma memiliki dua pos kamling, pemerintah Desa Sidomulyo mengaku sangat optimistis bisa unggul dan memenangi lomba pos kamling tersebut. Untuk itu, Desa Sidomulyo terus bersolek demi menjuarai lomba Pos Kamling itu.

Jumat malam (9/8/2017), tim juri yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Gresik AKP Junaedi dan Kapolsek Sidayu AKP Siswanto melakukan pemantauan, evaluasi dan penilaian terhadap pos kamling yang ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidayu.

Evaluasi sekaligus penilaian itu dilakukan oleh tim juri agar pos kamling yang dilombakan di desa setempat berbenah. Hal itu dinilai penting guna memberikan rasa aman terhadap masyarakatnya.

Selain itu, AKP Junaedi juga mengajak kepada aparat desa dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang keamanan dan ketertiban (kamtibmas). Apalagi menjelang Lebaran biasanya marak tindak pencurian dan perampokan.

Di kesempatan itu, Kepala Desa Sidomulyo Muhammad Habib langsung menyambut kedatangan Muspika Kecamatan Sidayu. Selain melakukan penilaian dan evaluasi kehadiran Muspika dan tim juri juga untuk memastikan kesiagaan desa setempat.

Para linmas beserta tokoh masyarakat setempat diajak untuk menjaga RT dan RW apabila terjadi situasi darurat, seperti tindak pencurian disertai kekerasan (curas) maupun tindak kejahatan yang lainnya.

Sebab, menangkal tindak kejahatan hanya dapat dolakukan dengan kekompakan warga beserta pimpinan desa. Pasalnya, mereka dianggap lebih paham dengan lingkungan antar RT maupun antar RW. (as)