Operasi Patuh 2017 Mulai Digelar di Gresik

0
1,365 views
Apel kesiagaan dalam pelaksanaan Operasi Patuh 2017 di Terminal Bunder, Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Polres Gresik melaksanakan apel kesiagaan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2017. Apel yang diikuti anggota Polres Gresik, Dinas Perhubungan, TNI dan Satpol PP ini bertempat di terminal Bunder, Gresik, selasa (9/5/3017).

Operasi patuh 2017 merupakan kegiatan rutin kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni operasi Simpatik. Operasi Patuh 2017 juga sebagai persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Selain sebagai penegakan dalam amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Operasi patuh kali ini juga diharapkan bisa menekan tingginya angka kecelakaan yang selama ini terjadi, khususnya di wilayah Gresik.

Tercatat pada operasi patuh tahun 2016 terjadi 667 kejadian atau meningkat 6%. Korban meninggal 82 orang atau naik 9%, luka berat sebanyak 109 orang atau naik 11%, dan pelanggaran sebanyak 85.952 pelanggaran naik 28% dibanding periode yang sama tahun 2015.

Kasatlantas Polres Gresik, AKP Anggi Syaputra Ibrahim menjelaskan, kegiatan Operasi Patuh Tahun 2017 akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Operasi penertiban ini dimulai 9-22 Mei 2017.

“Operasi patuh ini merupakan kegiatan rutin menjelang ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Dilaksanakan selama 14 hari dengan target masyarakat bisa tertib berlalu lintas. Dengan begitu diharapkan turunnya angka kecelakaan di Gresik yang masih cukup tinggi,” jelas Anggi.

AKP Anggi juga menjelaskan, banyaknya kecelakaan di Gresik ini akibat pengendara yang lalai, serta tidak mengindahkan rambu-rambu dan peraturan lalu lintas.

Saat disinggung tentang banyaknya korban kecelakaan yang melibatkan siswa sekolah, pihaknya juga akan menyisir beberapa sekolah untuk menertibkan siswa yang mengendarai kendaraan bermotor.

“Kita akan lakukan penindakan juga bagi siswa sekolah yang masih belum memiliki SIM dan nekad menggunakan motor,” pungkasnya. (wan)