AMP Extension page

Dorong Minat Baca Warga, PMII Gresik Buka Perpustakaan Berjalan 

Perpustakaan Berjalan yang dikelola oleh Pengurus Komisariat PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Beragam buku bacaan terkait anak-anak, pemuda, mahasiswa dan buku olahraga bisa dibaca secara gratis di lapak Perpustakaan Berjalan yang dikelola oleh Pengurus Komisariat PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik.

Bentuk perpustakaan berjalan ini cukup sederhana. Buku ditata rapi di atas alas yang sudah disediakan, sehingg pembaca bisa bebas memilih buku kesukaannya. Ini dilakukan PK PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik guna meningkatkan minat baca warga.

Koordinator Biro Kaderisasi PK PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik Abdullah Alarifi mengatakan, perpustakaan berjalan baru berdiri tahun ini. Sementara buku koleksi perpustakaan diperoleh dari hasil Gerakan Jariyah Buku yang dilakukan pihaknya.

“Insyaallah kami akan gelar baca buku gratis tiap malam minggu, hari minggu pagi dan hari libur,” kata Abdullah Alarifi pada acara Solidarita Perjuangan Save Alun-Alun Gresik, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, pihaknya akan membuka lapak dan aktif menggelar baca buku gratis di acara Car Free Day (CFD). Selain itu, perpustaan berjalan tersebut juga akan dibuka di plosok-plosok desa nantinya.

Dola, yang selaku Koordinator Biro Kaderisasi PK PMII Atas Langit Daruttaqwa Gresik, bersama teman-temannya sengaja membidik tempat-tempat yang ramai dan ke plosok desa. Mereka kerap membuka lapak di depan Pendopo Kabupaten Gresik.

“Jadi, saat jalan-jalan warga bisa sekaligus mampir membaca buku. Alhamdulillah respon dari para pemuda, masyarakat dan mahasiswa luar biasa,” ujar mahasiswa STAIDA Gresik Prodi Ekonomi Syariah itu.

Ide awal pembentukan perpustakaan berjalan ini dikatakan muncul dari kegelisahan melihat anak-anak sekarang yang dipandang kurang minat membaca, namun lebih suka bermain game. Kemudian, dibuka Gerakan Jariyah Buku.

Dari kegelisahan tersebut muncul inisiatif untuk membuka Gerakan Jariyah Buku terlebih dahulu. Setelah mendapat banyak buku dari gerakan yang dilakukan, mereka lanyas membuka perpustakan berjalan atau tempat membaca buku secara gratis.

“Kami akan terus berupaya menambah koleksi buku. Untuk itu, kami membuka Gerakan Jariyah Buku supaya Perpustakaan Berjalan ini semakin banyak buku yang bermanfaat bagi anak-anak, pemuda dan masyarakat ,” harapnya. (as)

No Response