Program Sertifikat Tanah Wakaf Gratis, Bawean Dijatah 500 Bidang

0
224 views
Program sertifikat tanah wakaf gratis. (Foto: Kemenag Gresik)

BeritaGresik.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik menggulirkan program nasional (prona) sertifikat tanah wakaf gratis. Program ini menargetkan sertifikat sebanyak 1.500 bidang tanah pada 2017.

Dari jumlah tersebut, sekitar 500 sertifikat tanah wakaf gratis dialokasikan ke Pulau Bawean. Program ini sudah disiapkan sebelum memasuki Januari 2017, terlebih menyangkut pendaftaran dan ikrar wakaf.

“Supaya Januari berkas lengkap sudah masuk ke BPN dan direncanakan sebelum pertengahan 2017 sertipikat tanah wakaf sudah selesai,” kata KUA Sangkapura Nasichun Amin, dilansir Kemenag Gresik, Selasa (6/12/2016).

Namun, sampai awal Desember 2016 baru sekitar 75 bidang yang diterima datanya. Untuk itu, seluruh lembaga keagamaan diminta segera mendata tanah wakaf yang dimilikinya.

“Formulir sudah diedarkan awal bulan lalu ketika pertemuan takmir masjid di Desa Daun,” ujarnya.

Program ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama Kantor BPN dengan Kantor Kementerian Agama, PC Nahdlatul Ulama, serta PD Muhammadiyah Gresik.

Tanah wakaf yang disertipikatkan tidak hanya bangunan masjid atau langgar saja, tetapi semua tanah yang diwakafkan seperti sawah, kebun, madrasah dan tanah produktif lainnya, termasuk tanah kuburan.

Pembuatan sertifikat tanah kuburan juga dinilai penting karena rawan diserobot atau diselewengkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sementara menurut pihak BPN, biaya srtipikat untuk per bidang sekitar Rp 1 juta. Tetapi sekarang gratis, sehingga sangat disayangkan bila tidak memenuhi target. (as)