Tak Cuma Penindakan, Upaya Ini Dilakukan Polres Gresik Tekan Kecelakaan

0
13 views
Anggota Satlantas Polres Gresik memasang banner himbauan bagi pengendara di sekitar Perlintasan Kereta Api di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Selama sepekan ini Polres Gresik gencar menggelar Operasi Zebra Semeru 2017. Operasi ini dilakukan sejak awal November lalu di wilayah hukum Gresik untuk penertiban lalu lintas dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Selain menindak para pelanggar lalu lintas, petugas Satlantas Polres Gresik juga melakukan upaya preventif guna menekan tingkat kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Hal itu seperti dilakukan anggota Satlantas Polres Gresik dan Polsek Duduksampeyan.

Mereka melakukan upaya preventif dengan memasang spanduk atau banner yang berisi himbauan sebelum pengendara melewati perlintasan rel kereta api. Upaya ini untuk menekan angka laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Gresik.

Pemasangan banner himbauan bagi para pengendara itu dilakukan di dua tempat berbeda, yaitu perlintasan kereta api Desa Tambakrejo dan Desa Setrohadi. Mereka juga dibantu oleh anggota Dishub Gresik.

“Dengan upaya preventif yang diberikan seluruh anggota kepada seluruh elemen masyarakat diharapkan upaya ini mampu menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas,” kata Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito.

Iptu Paryana memberikan penyuluhan kepada masyarakat di kantor Pajak Samsat Polsek Driyorejo. (Foto: BG/As)

Pendekatan preventif juga dilakukan oleh aparat Polsek Driyorejo, Senin (8/11/2017). Mereka tidak hanya fokus penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dalam pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2017.

Upaya preventif dilakukan Polsek Driyorejo dengan menyampaikan himbauan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Hal ini seperti yang dilakukan oleh anggota Polsek Dtiyorejo Iptu Paryana di kantor Pajak Samsat Driyorejo.

Pendekatan preventif ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya keselamatan di jalan raya. (as)