Kementeria PUPR Buka Lowongan 1.000 CPNS

0
24 views
Kementerian PUPR. (Dok. BG)

BeritaGresik.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka kesempatan kepada WNI lulusan Pasca Sarjana (S2), Sarjana (S1), Diploma Empat (D4), serta Diploma Tiga (D3), untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS).

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti melalui pengumuman tertanggal 4 September 2017  memaparkan, kementeriannya membuka loeongan untuk 1.000 formasi, dengan rincian lulusan S2 sebanyak 26 orang, S1/D4 sebanyak 875 orang dan D3 99 orang.

“Periode pendaftaran dibuka pada 11-25 September 2017 secara online melalui website: 1. http://sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan akun pendaftaran secara nasional; dan 2. https://cpns.pu.go.id untuk melakukan pendaftaran Seleksi Pengadaan CPNS Kementerian PUPR,” kata Anita.

Untuk jenjang keahlian gungsional, Kementerian PUPR menyediakan 353 formasi CPNS untuk posisi Tenaga Pengairan Ahli Pertama, yakni sebanyak 240 formasi untuk Tegana Teknik dan Jembatan Ahli Pertama, 105 formasi untuk Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Pertama, 145 formasi untuk Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Pertama; dan 54 formasi untuk Pembina Jasa Konstruksi Ahli Pertama. Sedangkan untuk Jabatan Fungsional Ketrampilan tersedia 99 formasi Teknik Jalan dan Jembatan Terampil.

“Seluruh proses seleksi pengadaan CPNS tidak dipungut biaya,” tegas Anita.

Dari 1.000 formasi CPNS yang disediakan Kementerian PUPR, sebanyak 870 formasi disediakan untuk pelamar umum, 90 formasi untuk puttra-putri terbaik atau lulusan Cumlaude, 20 formasi untuk penyandang disablitas, dan 20 formasi untuk putra-putri Papua dan Papua Barat.

Persyaratan khusus bagi pelamar dengan pendidikan S2 adalah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,25 pada skala 4,0 saat lulusa S1. Sementara untuk lulusan S1, D4, dan D3 memiliki IPK minimal 2,75 dengan skala 4,0.

Pelamar yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diselenggarakan di Kantor Pusat Kementerian PUPR dan kantor-kantor Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR di Bandung; Surabaya; Medan; Yogyakarta; Jakarta; Palembang; Banjarmasin; Denpasar; Makassar; dan Jayapura. (as)