Trauma Kebakaran Pabrik Miwon, Warga Tuntut Ganti Rugi

0
1,705 views
Kebakaran melanda pabrik Miwon di Driyorejo, Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Puluhan warga Driyorejo, Gresik, berunjuk rasa ke pabrik Miwon, Sabtu siang (8/7/2017). Warga di sekitar pabrik menuntut ganti rugi berupa pemberian uang konpensasi kepada pihak perusahaan terkait peristiwa kebakaran.

Warga merasa dirugikan dengan kebakaran tersebut. Pasalnya, kebakaran yang disertai bunui letusan pada siang dan malam hari itu membuat warga merasa trauma dan was-was. Mereka khawatir api menjalar hingga ke pemukiman warga.

Aksi demo warga di sekitar pabrik saat itu diikuti sekitar 250 orang. Mereka terdiri atas anak-anak beserta para orang tua. Seyidaknya ada tiga tuntutan warga, antara lain biaya pengobatan dan biaya ganti rugi.

Tuntutan yang ketiga, yakni pemberian kompensasi senilai Rp1 juta per kepala keluarga, dengan total sebesar Rp130 juta. Aksi warga tersebut direspon oleh pihak perusahaan dan ditemui langsung Direktur PT Miwon Suratman Direktur Miwon.

Namun demikian, pihak perusahaan hanya menyetujui Rp125 juta dari tuntutan warga sebesart Rp130 juta. Karena belum menemui titik temu, akhirnya puluhan orang perwakilan memutuskan akan bertemu lagi dengan warga yang lainnya.

Pada dasarnya kedua belah pihak telah menyepakati tuntutan yang pertama dan kedua. Hanya saja, tuntutan terkait besaran ganti rugi yang disampaikan oleh warga yang satu dan yang lainnya bervariasi. (abr)