Kirab Budaya Meriahkan Hari Jadi Gresik

0
178 views
Kirab budaya akan meriahkan HUT ke-43 Pemkab Gresik dan Hari Jadi ke-530 Kota Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pagelaran kirab budaya akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Pemkab Gresik dan Hari Jadi ke-530 Kota Gresik. Pawai budaya yang akan melibatkan 120 kuda ini digelar di jalanan utama Gresik, Kamis (9/3/2017).

Hal itu dikemukakan Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono, Rabu (8/3/2017). Dia menjekaskan, kirab budaya merupakan kegiatan rutin tahunan untuk memperingati HUT Pemkab Gresik. Hal itu untuk mengenang sejarah berdirinya Kabupaten Gresik.

“Dalam kirab itu, dikisahkan penobatan Prabu Satmoto (Sunan Giri) di Masjid Sunan Giri. Setelah itu, selepas Dhuhur sekitar jam 13.00 WIB, Prabu Satmoto yang diperankan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto akan dikirab menuju Pendopo Bupati Gresik,” terang Suyono.

Kirab budaya akan berkeliling melewati Jalan Sunan Giri, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Pahlawan dan berakhir di Alun-alun Gresik. Kegiatan ini akan diramaikan 18 kecamatan. Tiap kecamatan membawa enam ekor kuda.

“Ada 18 kecamatan yang ikut meramaikan, dengan masing-masing kecamatan membawa enam ekor kuda. Selain dinaiki Camat, kuda itu ada juga yang dinaiki para Kepala Desa,” jelasnya.

Kegiatan ini dipastikan akan mengganggu jalanan utama Kabupaten Gresik. Karena itu, Suyono meminta maaf jika nantinya para pengguna jalan terganggu. “Kami atas nama Pemkab Gresik mohon maaf kepada pengguna jalan karena akan terhambat dan mengalami kemacetan,” pungkasnya. (as)