Mahasiswa Desak Pemkab Segera Atasi Banjir di Gresik

0
401 views
Massa PMII Gresik mendesak Pemkab dan DPRD Gresik segera mengatasi persoalan banjir tahunan di Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berunjuk rasa ke kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik dan gedung DPRD Kabupaten Gresik, Rabu (8/2/2017).

Dalam aksinya, mahasiswa menuntut agar Pemkab Gresik dan DPRD Gresik serius menuntaskan permasalahan banjir yang melanda kawasan selatan Gresik setiap tahun. Bencana banjir tahunan dianggap telah menyengsarakan masyarakat Gresik.

Massa PMII bergerak ke Kantor Pemkab Gresik untuk menyampaikan aspirasinya ke Bupati dan Wakil Bupati Gresik. Namun tidak berhasil menemui bupati. Begitu juga saat ke gedung DPRD Gresik, tak satu pun anggota Dewan yang berada di kantor.

“Seluruh anggota DPRD Gresik kelenceran ke luar kota. Untuk bimbingan teknis saja harus ke luar kota di Batu, Malang. Apa yang dipikirkan oleh wakil rakyat. Banjir terjadi setiap tahun, tapi wakil rakyatnya rapat di luar kota,” kata Gatot Sya’roni, pengurus Cabang PMII Gresik, Rabu (8/2/2017).

Massa juga menyindir kinerja DPRD Gresik yang hanya memberikan bantuan mie instan saat terjadi banjir. “Padahal mereka bisa mengalokasikan dana untuk normalisasi Kali Lamong yang banjir setiap tahun. Saat banjir hanya memberikan bantuan mie instan,” kata Budi, pengurus PC PMII Gresik.

Aksi mahasiswa ini menuntut Pemkab Gresik serius menangani banjir luapan Kali Lamong yang terjadi setiap tahun. DPRD Gresik diminta segera membentuk panitia khusus (Pansus) tentang penanggulangan bencana alam banjir luapan Kali Lamong.

Mahaaisqa juga mendesak segera dilakukan pembebasan tanah di bantaran Kali Lamong, transparansi anggaran pendanaan bencana alam dan ganti rugi kegagalan panen akibat banjir luapan dari Kali Lamong maupun Bengawan Solo.

“Kami membayar pajak agar digunakan untuk kebaikan masyarakat Gresik, tapi buktinya untuk pembebasan banjir saja tidak selesai-selesai,” kata Qomar, Sekretaris PC PMII Gresik. (wan)