Cuaca Buruk, Bawean Terancam Krisis Bahan Pokok

0
824 views
Sejumlah bahan kebutuhan pokok yang diangkut kapal tujuan Pulau Bawean sepekan lalu. (Foto: Dok. BG/Amn)

BeritaGresik.com – Sejumlah bahan pokok di Pulau Bawean, Gresik, dikabarkan sudah mulai menipis akibat lumpuhnya layanan transportasi laut rute Gresik-Bawean. Bahkan, saat ini kelangkaan bahan pangan dan bahan bakar mulai dirasakan warga di sana.

Karena itu, Ketua Pemuda Bawean Gresik (PBG), Raden Zakaria, meminta Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk segera mengambil langkah guna mengantisipasi krisis di Pulau Bawean akibat cuaca buruk.

“Krisis yang dimaksud berupa menipisnya bahan-bahan komoditi seperti telur, sayur, bawang, cabe, bahan bakar minyak (BBM), gas dan sejumlah kebutuhan yang lainnya,” kata Zakaria kepada beritagresik.com, Rabu (8/2/2017).

Selain itu, Zakaria juga mengingatkan bahwa saat ini terjadi penumpukan calon penumpang tujuan Pulau Bawean. Mereka tertahan di sejumlah penginapan yang ada di Gresik sejak beberapa hari yang lalu karena tidak ada kapal yang beroperasi.

“Empat┬áhari saja calon penumpang sudah numpuk. Sejak kondisi cuaca buruk, selama sebulan bisa dikatakan kapal reguler hanya melayani dua kali, yakni Express Bahari satu kali dan kapal Gili Iyang satu kali,” ungkapnya.

Dia menambahkan, salah satu langkah yang perlu dilakujan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini, yakni segera mengupayakan kapal bantuan seperti kapal TNI Angkatan Laut atau kapal Pelni. (abr)