Besok Malam, Satya Kencana 3 Direncanakan Angkut Penumpang ke Bawean

0
1,403 views
Petugas Dishub Gresik saat menemui calon penumpang di penginapan yang ada di Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Sudah sembilan hari ratusan calon penumpang tujuan Pulau Bawean terkatung-katung di Gresik karena tidak ada kapal yang beroperasi di pelabuhan Gresik akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi belakangan ini.

Untuk itu, Pemkab Gresik meminta bantuan kepada PT Dharma Lautan Utama (DLU) agar kapal Satya Kencana 3 tujuan Banjarmasin dapat mengangkut ratusan calon penumpang tujuan Pulau Bawean.

Tadi siang, Rabu (8/2/2017), Dishub Gresik menggelar rapat dengan pihak Syahbandar Perak Surabaya beserta pihak PT DLU untuk bisa melakukan pelayaran deviasi ke Pulau Bawean, yang rencananya akan dilakukan besok malam, Kamis (9/2/2017).

“Kapal Satya Kencana 3 rencananya besok malam akan melakukan deviasi, yakni yang tujuan semula Perak Surabaya tujuan Banjarmasin akan mengangkut juga calon penumpang tujuan Bawean,” kata Amri, petugas Dishub Gresik saat menemui calon penumpang di penginapan Bawean, Jalan Nyai Ajeng Pinati, Rabu (8/2/2017).

Calon penumpang bingung karena tak kunjung ada kapal berlayar ke Pulau Bawean. (Foto: BG/Amn)

Amri juga meminta warga Bawean yang tinggal di penginapan untuk tetap bersabar. Untuk mendapatkan tiket, terang Amri, calon penumpang harus mebeli di Perak Surabaya, karena kapal berangkat dari Pelabuhan Perak, Surabaya.

“Kalau berangkat besok, Pemkab Gresik akan membantu tranportasi bagi calon penumpang, dan akan diangkut dengan bus menuju tanjung perak. Tapi harus berkumpul di pelabuhan Gresik,” terang Amri.

Ikram, warga asal Pudakit Barat, yang terlantar di Gresik mengaku senang mendengar informasi adanya kapal ke Bawean. “Semoga besok benar-benar berangkat, karena sudah berhari-hari di Gresik gara-gara gak ada kapal,” ucapnya. (amn)