Beraksi di Gresik, Begal Asal Madura Babak Belur Dimassa

0
1,741 views
Tersangka pelaku begal Sairi diamankan Polsek Manyar, Gresik. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Pelaku penipuan dan begal asal Bangkalan Madura, Sairi (27), babak belur dihajar oleh massa sebelum akhirnya diringkus jajaran Polsek Manyar, Gresik, karena telah menipu dan berusaha merampas sepeda motor milik warga.

Korban penipuan dan pembegalan Sairi bernama Hasan Rafli Ashari (16), pelajar asal Jl Sunan Giri, Kecamatan Kebomas, dan Indra Tri Atmaja (16), pelajar, warga Jl Veteran, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Aksi penipuan itu dilancarkan tersangka dengan menuduh korbannya menabrak saudaranya. Tersangka lantas mengajak korban keliling dan diturunkan di kawasan Perumahan Dinari, Manyar, Sabtu (7/1/2017) malam.

Curiga motornya akan dibawa kabur oleh tersangka, korban pun langsung berusaha untuk menghentikan tersangka dengan cara menariknya dari belakang, hingga menyebabkan si tersangka Sairi terjatuh.

Ketika terjatuh, tersangka Sairi berusaha untuk melarikan diri. Setelah itu, salah satu dari korban langsung mengendarai sepeda motornya untuk mengejar tersangka. Korban lalu menabrak Sairi yang berusaha lari.

Kemudian, korban berteriak dan langsung didatangi warga sekitar. Warga pun menghajar tersangka Sairi hingga babak belur. Akibatnya, tersangka mengalami luka lebam pada bagian wajah dan kaki.

Tidak lama kemudian, anggota Reskrim Polsek Manyar datang ke lokasi kejadian perkara dan membekuk tersangka. Polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Vario Nopol W 4471 LR milik korban yang di bawa kabur pelaku.

Kejadian itu dibenarkan Kanit Reskrim Polsek Manyar Ipda Yoyokardi. “Memang benar tadi malam ada Begal di kawasan Jalan Suci-Manyar. Satu Pelaku behasil di tangkap, satu lainnya buron,” kata Ipda Yoyok.

Sementara rekan tersangka kini masuk dalam daftar pencatian orang (DPO). Akibat perbuatannya, tersangka diancam pasal 372 dan 378 KUHP dengan hukuman 5 tahun kurungan penjara. (wan)