Tekan Calo Tiket, Penumpang Kapal ke Bawean Harus Tunjukkan KTP

0
164 views
Ilustrasi calon penumpang di terminal pelabuhan Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Calon penumpang kapal yang akan ke Bawean dari Pelabuhan Gresik harus menunjukkan identitas diri seperti kartu tanda penduduk. Imbauan itu disampaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, Rabu (7/6) untuk menekan praktik percaloan tiket kapal Gresik-Bawean.

Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Gresik Rony Subiyantoro mengatakan, pihaknya bersama Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik dan operator kapal akan terus melakukan koordinasi untuk menekan praktik percaloan tiket kapal menjelang musim mudik lebaran.

Menurut Rony, ada beberapa poin yang sudah disepakati dalam rapat koordinasi bersama, Rabu (7/6/2017), antara lain pihak operator kapal tidak diperkenankan menjual tiket di loket terminal penumpang pelabuhan Gresik, melainkan harus dijual di kantor masing-masing operator kapal.

“Biar kondusif dan aman tiket tidak boleh dijual di loket terminal, harus di kantornya masing-masing,” kata Rony ditemui di Kantor Dishub Kabupaten Gresik, Rabu (7/6/2017).

Selanjutnya, calon penumpang harus memegang tiket masing-masing begitu memasuki pintu terminal penumpang. Selain calon penumpang yang sudah memegang tiket, tidak diperbolehkan memasuki terminal penumpang kapal.

Rony juga menegaskan, pemeriksaan calon penumpang akan dilakukan beberapa tahap, terutama untuk mencocokkan nama calon penumpang yang tertera di tiket dengan kartu identitas yang bersangkutan.

“Nanti kita minta operator kapal apabila nama calon penumpang di tiket tidak sesuai dengan identitas, kita hanguskan saja, mereka beli sama siapa terserah, ” pungkasnya. (abr)