MUI Gresik Haramkan Perayaan Valentine

0
356 views
Ilustrasi pernak pernik Valentine

BeritaGresik.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, melarang perayaan hari kasih sayang atau “Valentine Day” yang biasa dirayakan setiap tanggal 14 Februari.

Larangan yang ditujukan kepada umat islam di Gresik ini disampaikan langsung oleh Ketua MUI Gresik K.H. Mansoer Sodiq selepas acara dialog tentang sertifikasi ulama bersama Kapolres Gresik dan Dandim Gresik, Selasa (7/2/2017).

Kiai Mansoer mengatakan, bahwa larangan itu meneruskan fatwa haram MUI Jawa Timur pada 27 Januari 2017. Alasannya, perayaan hari Valentine buka budaya umat Islam, tapi budaya barat yang seharusnya tidak dirayakan oleh masyarakat Gresik.

“Saya sepakat mendukung fatwa dari MUI Jatim, bagaimana pun juga tidak boleh ada atribut yang biasa digunakan oleh umat agama lain, kemudian umat Islam ikut menggunakan itu sama saja dengan kita menyerupai mereka akhirnya jatuhnya ya haram,” kata Kiai Mansoer.

Selain melarang umat Islam di Gresik merayakan Valentine, pihak MUI Gresik juga menghimbau agar masyarakat terutama para pedagang di Kabupaten Gresik agar tidak ikut menjual pernak pernik dan atribut bernuansa Valentine.

“Bagi pedagang yang yang beragama Islam ya lebih baik tidak menjual dan mempromosikan, sebab hukumnya juga sama yaitu haram,” tegasnya. (wan)