Dokter Alif Jabat Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cabang Gresik

Pelantikan pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Gresik masa bakti 2018-2023. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Dokter Aslachul Alif Maslichan dikukuhkan sebagai Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Gresik masa bakti 2018-2023. Pengukuhan itu dilakukan oleh Ketua I Yayasan Jantung Indonesia, HR Wibowo, di Kantor Bupati Gresik, Kamis (6/2/2018).

Tanpak hadir dalam prosesi pengukuhan ketua beserta pengurus YJI Cabang Gresik ini Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Sekda Gresik Nadhif, Dirut RS Ibnu Sina Gresik yang juga PLT Dinas Kesehatan Gresik dr. Endang Puspitowati.

Dalam kesempatan itu, Sambari meminta agar para pengurus YJI ini segera menginventarisir penderita penyakit jantung dan pembuluh darah yang ada di wilayah Kabupaten Gresik.

“Silahkan anda melengkapi dengan kendaraan operasional. Selanjutnya, silahkan membentuk pengurus sampai tingkat kecamatan dan segera melaksanakan pendataan pasien penyakit jantung ini,” kata Sambari.

Permintaan itu sangat beralasan mengingat seperti yang disampaikan HR Wibowo, penyakit ini adalah penyakit yang mematikan nomor satu di dunia. Untuk itu, Bupati meminta pengurus YJI Gresik segera melaksanakan aksi.

“Jangan tunggu waktu lama agar keberadaan anda bermanfaat bagi masyarakat khususnya penderita penyakit jantung. Berikan semacam sosialisasi serta advis kepada masyarakat tentang bahayanya penyakit jantung serta cara mengantisipasinya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua I YJI Jawa Timur, HR Wibowo mengatakan, bahwa penyakit jantung merupakan penyebab terbesar terjadinya kematian di dunia.

“Kami berharap agar YJI Gresik ini sesegera mungkin membentuk Club jantung sehat lokasi. Sosialisasikan komitmen YJI yaitu, SEHAT yang artinya Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hindari stress, Awasi tekanan darah, Teratur berolahraga” ujar Wibowo.

Sementara Ketua YJI Gresik, Aslachul Alif Maslikhan kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan usai dilantik yakni sesegera mengadakan rapat kerja dengan seluruh pengurus.

“Setelah itu, kami akan membentuk pengurus kecamatan seperti yang diinginkan oleh Bupati. Dari sana saya akan mengaktifkan club jantung sehat di beberapa fasilitas kesehatan yang banyak tersebar di Gresik, utamanya di beberapa Fasilitas Kesehatan tingkat I maupun tingkat II,” paparnya.

Untuk mensosialisasikan keberadaan YJI Gresik, pihaknya juga akan mengadakan seminar tentang penyakit jantung. (sdm/as)

No Response