Diduga Ilegal, 10 TKA Asal China Diamankan di Gresik

0
20 views
Sebanyak 10 TKA asal China diamankan setelah diketahui bekerja di sektor informal di salah satu gudang di Gresik. (BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sebanyak 10 tenaga kerja asing (TKA) asal Negara China yang  bekerja pada gudang di Desa Golokan, Kecamatan Sidayu, Gresik, diamankan pihak Imigrasi kelas 1 Surabaya. Mereka diketahui bekerja pada sektor informal.

Penggerebekan terhadap TKA asal negeri tirai bambu itu dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik Mulyanto. Menurut dia, pihaknya bersama Disnaker Provinsi Jawa Timur telah melakukan pengamanan terhadap sebanyak 10 TKA.

Saat ini, terang Mulyanto, 10 TKA tersebut sedang menjalani pemeriksaan di kantor Imigrasi kelas 1 Surabaya. Menurut dia, pihaknya tidak ingin kecolongan lagi. Karena itu, Disnaker tetap akan melakukan pemantauan pada gudang tersebut.

“Sepuluh tenaga kerja asing asal China itu kini sedang dipanggil pihak imigrasi kelas 1 Surabaya. Sedangkan deportasi itu wewenang pihak imigrasi, Disnaker hanya sebatas memantau,” kata Mulyanto, Senin (6/11/2017).

Para TKA tersebut dikabarkan bekerja sebagai kuli batu di gudang yang terdapat di Desa Golokan Kecamatan Sidayu, Gresik. Gudang itu rencananya akan digunakan sebagai pabrik pengolahan makanan.

Selama bekerja di gudang, para TKA asal China itu tinggal disalah satu rumah warga yang dikontrak, tepatnya di Desa Gelatik, Kecamatan Ujungpangkah. (abr)