Abrasi Pantai di Desa Diponggo Bawean Kian Parah

0
40 views
Abrasi pantai di Desa Diponggo, Tambak, Bawean, Gresik, mulai mengancam jalan lingkar Bawean. (BG/Abr)

BeritaGresik.com – Abrasi yang terjadi di pesisir pantai Desa Diponggo, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik, kian parah. Apabila tidak segera ditangani, kerusakan parah pada bibir pantai dapat memutus jalan lingkar di Pulau Bawean.

Kepala desa Diponggo Salim mengatakan, abrasi yang terus menggerus kawasan pantai di desanya sudah berlangsung sejak lama. Dia bahkan mengaku sudah melaporkan kondisi pantai di desanya pada beberapa pihak, namun belum ada respon.

“Sudah lama yang abrasi, saya juga sudah melaporkan ke beberapa pihak, tapi sampai sekarang belum ada respon,” terang Salim kepada BeritaGresik.com, di Pulau Bawean, Gresik, Kamis (5/10/2017).

(Foto: BG/Abr)

Untuk itu, Salim berharap agar pemerintah segera mrlakukan upaya perbaikan sebelum kerusakan pantai semakin parah. Sebab, jika terus dibiarkan, abrasi pantai bukan tak mungkin akan merusak jalan lingkar Bawean yang tak jauh dari pantai.

Dia mencontohkan di beberapa titik pantai di desanya yang banyak ditanami pohon kelapa. Namun belakangan ini banyak yang tumbang akibat tergerus abrasi, sementara pohon yang tersisah juga terancam roboh lantaran akarnya banyak menjulang keluar.

“Pohon kelapa di pantai sudah banyak yang roboh, sehingga abrasi semakin cepat karena tidak ada lagi penahan. Akar pohon kelapa berfungsi sebagai penahan abrasi juga,” pungkasnya. (abr)