Gelombang 3 Meter, Pelayaran Gresik-Bawean Kembali Lumpuh

0
21 views
Kapal cepat penyeberangan yang melayani rute Gresik-Bawean. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Jalur palayaran Gresik-Bawean dan sebaliknya kembali lumpuh, menyusul adanya peringatan gelombang tinggi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (6/9/2017).

Prakiraan tinggi gelombang perairan Gresik dan Pulau Bawean yang dikeluarkan oleh BMKG Atasiun Meteorologi Sangkapura Bawean mencapai 3 meter pada 7 Agustus hingga 10 Agustus 2017 mendatang.

Akibatnya, besok Kamis (7/9/2017), dua kapal cepat yang biasa melayani rute penyeberangan dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean, yaitu Express Bahari dan Natuna Express, dipastikan tak beroperasi.

Rizki, pegawai PT Sakti Inti Makmur (SIM) membenarkan jika pada Kamis besok Express Bahari tak berlayar karena tinggi gelombang di laut Jawa mencapai 3 meter. “Iya besok tidak berangkat, gelombang 3 meter,” kata Rizki, Rabu (6/9/2017).

Senada dengan Rizki, Lukman dari pihak managemen Natuna menyampaikan informasi yang sama, bahwa kapal Natuna Express juga tidak berlayar dari Gresik ke Bawean. “Gelombang 3 meter, demi keselamatan kapal sudah tidak boleh berlayar,” kata Lukman.

Lukman menambahkan, gelombang tinggi di laut Jawa sudah terasa pada pelayaran Natuna Express hari ini ketika menempuh pelayaran Bawean-Gresik. “Tadi saja, waktu perjalanan dari Bawean cuaca sudah tidak bersahabat,” imbuhnya. (abr)