Buntut Demo Ricuh, Tiga Orang Ditetapkan Tersangka Pengrusakan

0
42 views
Korban demo ricuh mendatangi Kantor Polres Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Aksi demo yang dilakukan puluhan massa dari perwakilan pedagang kaki lima di halaman kantor Pemkab Gresik berujung ricuh. Akibatnya, beberapa peserta demo yang dianggap pelaku pengrusakan pintu gerbang kantor Pemda Gresik ditangkap aparat polisi.

Tujuh peserta aksi demo yang di tangkap kemarin di antaranya Imam Fajar (23) PKL, Muhammad Suriyadi (23) PKL, Rizki Siswanto (22) PMII, Ali Sibro Muhlisi (22) PMII, Andre (23) PMII, Abdul Wahab (43) MGPK, serta Budayawan Kris Aji AW.

Dari tujuh orang yang sempat di amankan di Polres Gresik sejak kemaren, Selasa (5/9/2017), polisi akhirnya melepas empat orang dan mereka hanya sebatas berstatus sebagai saksi dalam kasus pengrusakan pintu gerbang Kantor Pemkab Gresik.

Sementara tiga orang lainya, yakni Abdul Wahab, Rizki siswanto dan imam Fajar tetap di tahan di Polres Gresik. Mereka bertiga dijerat dengan KUHP pasal 170 dan pasal 351, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.

“Keempat orang termasuk Kris Aji AW, dan tiga orang lainnya dipulangkan sore ini,” kata salah seorang anggota Polres Gresik yang meminta namanya tidak disebutkan.

Pertemuan tertutup yang dijaga ketat Provos Polres Gresik. (Foto: BG/Amn)

Pantauan di Kantor Polres Gresik, sejak Rabu (6/9/2017) pagi, puluhan teman-teman ketiga tersangka yang di tahan di Polres Gresik bergerombol di seberang jalan yang ada di depan Polres Gresik.

Mereka tetap tak diperkenankan masuk ke Polres karena tadi siang Kapolres Gresik AKBP Boro Windu memimpin langsung pertemuan antara Jonter Simanjuntak Kasip Ops Satpol PP Gresik dengan beberapa perwakilan dari pendemo. Pertemuan dilakukan di aula polres gresik dengan tertitup untuk para awak media.

Jonter datang ke Polres Gresik dengan diantar Nuruddin, Komandan Satpol PP Gresik. Jonter datang dengan memakai alat bantu untuk bisa berjalan, karena kaki sebelah kanannya mengalami luka robek akibat tertimpa pintu gerbang Pemkab Gresik yang dijebol pendemo kemaren.

Sumber BeritaGresik.com di Polres Gresik mengatakan, bahwa tidak menutup kemungkinan tersangka akan bertambah. Saat ini masih menungu hasil pemeriksaan dari tersangka yang ditahan dan penyidikan dari rekaman CCTV. (amn)