PNS Pakai Baju Tradisional Peringati HUT Gresik

0
71 views
Para PNS Pemkab Gresik mengenakan pakaian tradisional khas Gresik saat apel peringatan HUT Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Pemandangan tidak biasa terlihat saat apel pagi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemkab Gresik ke-43 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-530. Para peserta upacara yang terdiri atas PNS tanpak berpakaian tradisional khas Gresik.

Apel pagi ini dilaksaanakan di Halaman kantor Bupati Gresik, Senin (6/3/2017). Beragam corak serta warna busana dikenakan para karyawati yang sedang berbaris melaksanakan apel pagi saat itu.

Ada yang mengenakan pakaian tradisional warna merah, kuning, hijau, ungu dan coklat serta berbagai warna ikut menghiasi lapangan tempat apel yang biasanya didominasi satu warna yaitu warna kheki seragam khas PNS. Dalam apel kali ini tak ada seragam pakaian dinas harian (PDH).

Penampilan karyawati terlihat berbeda dalam apel peringatan HUT Pemkab Gresik ke-43 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-530 kali ini. Balutan kurosi atau kudung sarung khas Gresik berpadu dengan pakaian menambah keanggunan para karyawati.

“Hari ini tampak indah, cantik-cantik dan feminim,” unngka Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat memimpin apel pagi.

Tak hanya para karyawati, para karyawan laki-laki juga diwajibkan berpakaian khas Gresik warna putih serta memakai terompah dan peci. Sehingga warna putih tanpak lebih dominan pada pakaian yang dikenakan PNS laki-laki Pemkab Gresik.

Kepala bagian Humas Suyono mengatakan pemakaian busana khas Gresik ini berlaku mulai Senin sampai Jum’at. Penggunaan seragam ini merujuk Surat Edaran Bupati Gresik nomor 025/246/437.31/2017 tertanggal 13 Februari 2017.

“Ruang lingkup pemakaian busana khas Gresik ini mencakup seluruh PNS di wilayah Pemerintah Kabupaten Gresik” ujar Kabag Humas Suyono.

Ada banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan HUT Pemkab Gresik ke-43 dan Hari Jadi Kota Gresik ke-530. Diantaranya kirab budaya, lomba foto, pameran ekonomi Kreatif (Gresik Fair), olahraga, tasyakuran dan resepsi. Kemudian ditutup dengan Istighotsah pada akhir Maret 2017. (amn)