Puting Beliung Terjang Rumah Warga di Bawean

0
691 views
Sebagian atap rumah warga di Desa Tambak, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, rusak akibat diterjang angin puting beliung. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Desa Tambak, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, Senin sore (6/2/2017). Peristiwa ini menyebabkan sekitar lima rumah warga mengalami rusak pada bagian atapnya.

Menurut penuturan Suhaimi, warga Desa Tambak, angin kencang datang secara tiba-tiba dan langsung menghantam rumah warga. “Sebelumnya ada awan hitam, lalu angin datang dan langsung menghantam pemukiman warga,” terang Suhaimi.

Dia menjelaskan, di antara beberapa rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung saat itu, yakni rumah Mat dan rumah milik Madlikan. Atap rumah milik kedua warga Tambak itu beterbangan saat dihempas oleh angin puting beliung.

Selain rumah warga, angin puting beliung juga menerjang atap balai pengobat milik Nahdlatul Ulama (NU) yang terletak di pinggir pantai. “Beruntung saat atap rumah warga betertangan dihantam puting beliung tidak menimpa warga,” ujarnya.

Ibrahim, warga Tambak lainnya yang ikut menyaksikan kejadian itu mengatakan, puting beliung berputar dengan cepat. Ia mengaku sempat ketakutan karena angin mengarah ke kampung tempat tinggalnya. “Anginnya cepat dan datang tiba-tiba,” kata Ibrahim.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Gresik Abu Hasan mengatakan, saat ini pihaknya masih mendata berapa jumlah rumah yang rusak akibat puting belitung di Pulau Bawean. (amn)