Polisi Halau Pendemo Masuk Pabrik Smelting Gresik

0
3,632 views
Puluhan polisi menghalau pendemo di pintu masuk jalan menuju pabrik Smelting. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gresik menggelar aksi demo ke sejumlah tempat di Gresik, Senin (6/2/2017). Demo ini terkait aksi mogok ratusan karyawan PT Smelting Gresik yang berujung pemutusan hubungan kerja (PHK).

Puluhan pekerja mengawali aksinya di jalan menuju pintu masuk pabrik PT Smelting. Namun, sebelum sampai ke depan pintu masuk pabrik Smelting, pergerakan pendemo langsung mendapat hadangan dari puluhan petugas dari kepolisian.

Di tempat itu pendemo tak bisa mendekat ke pabrik Smelting karena keburu dihalau polisi. Setelah berorasi, pendemo akhirnya memutuskan melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Kabupaten Gresik. Perwakilan buruh pun bisa menemui anggota Dewan.

Usai menemui anggota Dewan, pendemo langsung bergerak ke kantor Bupati Gresik. Karena itu, puluhan anggota Sabhara Polres Gresik dan Satpol PP Pemkab Gresik disiagakan. Namun, pergerakan buruh itu ternyata hanya untuk mengelabui petugas.

Pendemo bukannya menuju ke kantor Bupati Gresik, melainkan langsung ke pintu tol Kebomas. Polisi pun sempat dibuat kalang kabut, namun polisi dengan cepat menghadang pendemo supaya tidak memblokade pintu keluar tol Kebomas.

Lagi-lagi polisi dibuat kecele, ternyata para pendemo yang berjumlah puluhan orang itu hanya konvoi melewati terminal Bunder. Mereka menuju ke Jalan Raya Suci arah pabrik Smelting. (amn)