309 Buruh di PHK, DPRD Gresik Panggil PT Smelting

0
7,853 views
Sejumlah perwakilan buruh saat ditemui anggota DPRD Gresik di Kantor DPRD Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Komisi D DPRD Gresik mengagendakan pemanggilan terhadap pihak manajemen PT Smelting Gresik. Pemanggilan itu terkait kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak terhadap sebanyak 309 karyawan atau buruh.

Rencana pemanggilan manajemen PT Smelting Gresik itu disampaikan oleh Ketua Komisi D DPRD Gresik, Muntarifi usai menemui perwakilan karyawan PT Smelting yang melakukan aksi demo di gedung DPRD Gresik, Senin(6/2/2017).

Politisi Partai Persatuan Pembanguna (PPP) itu mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan dari manajemen PT Smelting terkait kebijakan PHK terhadap ratusan karyawannya. Tindakan tersebut dinilai telah menimbulkan gejolak.

Kebijakan manajemen PT Smelting itu juga dianggap akan berimbas buruk terhadap penambahan angka pengangguran di Gresik. “Makanya, kami akan minta pertanggungjawaban manajemen Smelting terkait PHK tersebut,” terang Muntarifi.

Dari hasil pertemuan antara Komisi D yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Gresik Solihudin(FKB) diketahui sebanyak 309 pekerja terkena PHK secara sepihak oleh manajemen PT Smelting Greaik karena mereka melakukan mogok kerja.

Padahal, kata Muntarifi, ratusan buruh itu nekat mogok kerja karena menuntut haknya. Mereka meminta agar perjanjian kerja bersama yang telah disepakati kedua belak pihak dipenuhi oleh PT.Smelting.

“Dari penjelasan para buruh bahwa PT Smelting telah melakukan pelanggaran kesepakatan. Makanya, ini yang akan kami pertanyakan ke manajeman Smelting,” jelas politisi PPP asal Pulau Bawean ini.

DPRD Gresik menyayangkan kebijakan manajemen PT.Smelting dengan mudah melakukan PHK sebanyak 309 karyawan. Kebijakan itu dinilai sebagai kebijakan gegabah karena tidak memperhatikan kondisi daerah Kabupaten Gresik. (wan)