Ketua DPRD Gresik: Stadion Gejos Tetap Harus Diselesaikan

Bangunan Stadion Gejos di Gresik nampak dari luar. (Foto: Dok. BG/Nul)

BeritaGresik.com – Proses pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) yang terletak di Jalan Veteran, Gresik, masih terus berjalan. Hampir setiap tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik selalu mengucurkan anggaran.

Total dana yang dikeluarkan dari APBD Kabupaten Gresik sampai sekarang sudah mencapai ratusan miliar. Langkah ini dilakukan demi untuk membuat stadion bertaraf internasional.

Dalam mendukung program tersebut, pihak DPRD berkomitmen akan menyelesaikan pembabgunan stadion sampai benar-benar tuntas, sehingga megaproyek stadion Gejos bisa digunakan untuk umum dan disewakan.

“Kami akan cukupi (anggaran) minimal sampai stadion bisa terpakai sebagaimana mestinya, walaupun belum berstandar internasional,” ujar Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim.

Berdasarkan rencana, sejatinya megaproyek stadion ditargetkan tuntas antara tiga tahun sampai empat tahun. Namun, suntikan anggaran dari pemerintah pusat tidak sesuai harapan.

Akibatnya, tak ada sharing anggaran sama sekali. Semua biaya pembangunan murni dialokasikan dari APBD.

“Total kebutuhan anggarannya waktu itu mencapai sekitar Rp 560 miliar untuk menjadikan stadion bertaraf internasional. Dan kami akan tetap mengarah ke situ (bertaraf internasional, red), sehingga memang perlu dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Sepwrti diketahui, pengalokasia anggaran untuk stadion Gejos yang dilakukan hampir setiap tahun sempat dipertanyakan. Bahkan sempat muncul kesab Pemkab Gresik tidak merencanakannya secara tuntas.

“Pada belanja program penataan Gelora Joko Samudro sebesar Rp 2,9 miliar, perlu dialokasikan untuk kegiatan yang lain. Karena hampir tiap tahun dialokasikan anggaran, tapi tidak selesai-selesai,” tutur Anggota fraksi PDI-P DPRD Gresik, Megas Bagus Sahputra, saat membacakan pemandangan umum (PU) fraksi terhadap R-APBD 2019 beberapa waktu lalu. (nul)

No Response