Bea Cukai Gresik Musnahkan Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Bea Cukai Gresik bersama kepolisian di Gresik melakukan pemusnahan rokok ilegal. (Foto: BG/Nul)

BeritaGresik.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC-TMP) B Gresik, menindak peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Gresik. Peredaran rokok ilegal telah merugikan negara.

Kepala KPPBC-TMP B Gresik Indra Gautama Sukiman mengatakan, selama periode 2017-2018 pihaknya sudah melakukan 36 kali penindakan. Barang ilegal yang berhasil disita dimusnahkan di Gresik, Kamis (5/12/2018) siang.

“Untuk jumlahnya rokok ilegal (BB) yang kami sita sebanyak 280.860 batang rokok, dengan kerugian negara hampir Rp100 juta,” papar Kepala KPPBC-TMP B Gresik, Indra Gautama Sukiman.

Dia menjelaskan, rokok ilegal itu disita dari beberapa lokasi di wilayah pedesaan, antara lain di Menganti, Gresik dan Lamongan. “Pangsa pasarnya adalah pekerja kelas bawah karena harganya lebih murah,” jelasnya.

Menurut dia, pihaknya tak menemukan adanya produsen terkait peredaran rokok ilegal tersebut di Gresik, tapi hanya penjual eceran saja. Pasalnya, daerah setempat bukan termasuk tujuan utama, tetapi sebatas tempat transit.

“Di Gresik ini bukan tempat pemasaran yang seksi, tapi lebih kepada tempat sebagai persinggahan atau transit saja. Mungkin tujuan penjualan mereka untuk di wilayah luar jawa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, pihaknya mendukung penindakan yang dilakukan Bea Cukai. “Kami betul-betul sinergis dalam rangka malakukan penyelidikan dan penyidikan,” tuturnya. (nul)

No Response