Penambahan Pintu Air Solusi Atasi Banjir Bengawan Solo

0
221 views
Bengawan Solo
Bengawan Solo

BeritaGresik.com – Banjir tahunan yang kerap melanda kawasan sekitar Bengawan Solo menjadi perhatian serius pemerintah. Bahkan, pemerintah segera menambah jumlah pintu air untuk mengatasi banjir.

“Saat ini, air dari Bengawan Solo sebenarnya tidak meluber, hanya air yang dari masyarakat tidak bisa masuk ke sungai karena Bengawan Solo sudah penuh,” kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Senin (5/12/2016).

Dia menjelaskan, dari 680 meter kubik rata-rata air yang ada di sepanjang Plang Wot hingga Sedayu Lawas, Gresik, ternyata hanya 540 meterkubik saja yang bisa masuk karena jumlah pintu air hanya tiga.

Untuk itu, terang Soekarwo, harus segera dilakukan penambahan minimal dua pintu air. Selain itu, melakukan normalisasi floddway mulai dari Desa Plang Wot hingga ke Sedayu Lawas, Gresik.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengaku sudah menyampaikan solusi itu kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PU Basuki Hadi Mulyono saat meninjau dampak banjir di sepanjang Bengawan Solo.

“Beberapa waktu lalu saya bersama pak Menteri PU juga naik heli tepat berada di atas Bengawan Solo dan sudah saya jelaskan penanganan yang harus dilakukan,” ujarnya. (as)