HSS Salurkan Bantuan ke Korban Banjir di Gresik

0
372 views
PT HSS salurkan bantuan sembako ke korban banjir di Kecamatan Bungah dan Dukun Gresik. (Foto: Istimewa)
PT HSS salurkan bantuan sembako ke korban banjir di Kecamatan Bungah dan Dukun Gresik. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com –¬†Banjir yang melanda dua kecamatan yakni Bungah dan Dukun di wilayah Gresik Utara karena luapan sungai Bengawan Solo mendapat perhatian pengusaha H. Saiful arif (H. Iponk).

Warga diwanti-wanti bersabar dan hati-hati saat banjir menerjang. Karena selain debit Bengawan Solo naik, banjir tahun ini cukup besar. Dia juga meminta agar masyarakat yang tinggal di bantaran Bengawan Solo ikut serta menjaga bantaran sungai.

“Kalau bisa beban di bantaran sungai ini dikurangi. Kita mengajak masyarakat pada saat situasi tidak banjir kalau bangun diperhitungkan bangunannya. Ini kan bantaran sungai yang harus kita jaga bareng,” kata H. Iponk, Senin (5/12/2016).

Foto/Istimewa
Foto/Istimewa

Pimpinan proyek HSS Gatsfan dan sejumlah karyawan berkunjung ke lokasi banjir di Desa Bungah, Dukunanyar dan Desa Dukun Enjerebeng di Kecamatan Bungah dan ke Kecamatan Dukun.

“Tahun ini dibanding tahun-tahun lalu berbeda. Bahkan kata Kepala BNPB Gresik (Abu hasan) 10 tahun ini baik-baik saja. Tapi tahun ini volumenya air meluap drastis dan masuk ke rumah penduduk. Ada 1000 rumah di Kecamatan Bungah dan Dukun ini,” jelasnya.

Debit air Bengawan Solo yang sangat tinggi terjadi karena luapan air masuk ke pemukiman warga. Curah hujan juga tinggih. Kades Bungah Nasikhin berujar “Tanggul yang dibuat masyarakat dari tumpukan glangsing yang kondisinya kritis di beberapa tempat, bukan tanggul paten atau tanggul negara,” ujar dia.

Dalam kunjungannya ini, keluarga besar dan karyawan HSS memberikan dukungan moral serta memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Banjir yang menjadi siklus 10 tahunan di bantaran Sungai Bengawan Solo ini akan segera dicarikan solusinya oleh Pemkab Gresik dan Pemprov Jatim.

Para korban banjir perku mewaspadai ancaman penyakit pasca banjir. “Masyarakat harus waspada penyakit pasca banjir ini nanti, itu yang perlu diwaspadai,” pungkasnya. (wan)