Kirab Pemuda 2018 Tiba di Gresik, Wabup: Jaga Persatuan dan Kesatuan!

Peserta Kirab Pemuda 2018 saat memulai kegiatan di kota Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim menerima sekaligus memberangkatkan sebanyak 50 orang pemuda dari berbagai provinsi di Indonesia. Saat bertandang ke Gresik, mereka melakukan kirab keliling kota.

Puluhan pemuda tersebut memulai kirab keliling kota Gresik dari halaman Stadion Gelora Joko Samudro (G-Jos), Jalan Veteran, Gresik, Minggu (4/11/2018) petang. Selain Wabup, turut hadir Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, Komandan Kodim 0817 Gresik, Letkol Infantri Budi Handoko dan Kepala Dispora Gresik Sentot Supriyohadi.

Peserta Kirab Pemuda 2018 ini terdiri atas perwakilan pemuda dari dari seluruh Indonesia. Salah satu peserta dari Kabupaten Gresik, yaitu Rizky Iswanto (23), yang masuk di zona II (timur) dan terpilih dari seleksi seluruh Indonesia bagian Timur. 50 Peserta Zona II (timur) diberangkatkan dari Merauke.

Melihat semangat yang ditunjukkan para peserta, Wabup Qosim menyatakan keyakinannya bahwa kedepan Indonesia akan semakin kuat dan semakin jaya.

“Jaga persatuan dan kesatuan di antara anda yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Kalau melihat anda para pemuda yang tampak semangat serta kompak, saya yakin kedepan Indonesia semakin jaya. Kepada para Pembina, saya titip para pemuda yang akan menjadi harapan bangsa ini untuk dibina dan diarahkan untuk menggapai cita-cita bangsa,” tandas Qosim.

Menurut dia, setidaknya ada tiga hal penting dari penyelenggaraan Kirab Pemuda 2018 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pertama, ada peningkatan potensi pemuda. Sedang kedua dan ketiga adalah kreativitas pemuda dan kewirausahaan pemuda.

Secara nasional, program Kirab Pemuda 2018 merupakan perjalanan pemuda seluruh provinsi di Indonesia. Meteka akan melewati seluruh wilayah nusantara, dari Sabang sampai Merauke.

Sementara kabipaten Gresik sendiri masuk ke dalam zona II. Peserta Kirab Pemuda 2018 ini akan melaksanakan kegiatan di Kabupaten Gresik selama dua hari. Mereka nantinya akan dibekali pengetahuan tentang budaya Gresik.

Perwakilan dari Kemenppra, Supadi, kepada Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno mengatakan, para pemuda ini akan melakukan kirab di Kabupaten Pasuruan setelah dari Gresik.

“Selanjutnya, mereka akan bertandang ke Kabupaten Gianyar (Bali). Di Bali, mereka para peserta Kirab Pemuda 2018 ini akan bertemu dengan peserta lain dari Zona I (Barat). Kemudian perjalanan akan berakhir di Ibukota Jakarta,” terang Supadi. (sdm/as)

No Response