Bangkai Kapal Terbakar di Pelabuhan Gresik Mulai Diangkat

0
248 views
Para pekerja mulai mengangkat potongan bangkai kapal yang terbakar di Pelabuhan Rakyat Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bangkai tiga kapal layar motor (KLM) yang terbakar pada Selasa dini hari (27/6/2017) di Dermaga Talud Tegak Pelabuhan Rakyat (Pelra) Gresik, mulai diangkat ke permukaan. Ketiga kapal yang terbakar yakni KLM Putri Arta Pesono, KLM Hikmah Bersama dan Kabar Utama.

Salah seorang pekerja pengangkat bangkai kapal Ahmad Hariadi mengatakan, dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk mengangkat bangkai kapal yang terbakar. Pasalnya, separuh badan kapal yang terbakar itu sudah tenggelam ke dalam air.

“Sulit untuk bisa cepat mengangkat seluruh bangkai kapal sampai bersih. Itu bisa memakan waktu sekitar dua hingga tiga bulan lamanya, karena bagian belakang kapal sudah tenggelam,” kata Ahmad ditemui di Pelabuhan Rakyat Gresik, Rabu (5/7/2017).

Bagian bangkai kapal yang berhasil diangkat ke permukaan. (Foto: BG/As)

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, proses pengangkatan bangkai kapal yang hangus terbakar itu mulai dilakukan sejak Selasa kemarin (4/7/2017). Setidaknya ada tujuh orang pekerja yang diterjunkan pihaknya untuk mengangkat bangkai kapal tersebut.

“Ada sekitar tujuh orang yang bekerja untuk mengangkat bangkai kapal. Sampai hari ini sudah ada beberapa bagian kapal yang berhasil diangkat, termasuk baling-baling kapal. Ada beberapa bagian mesin kapal yang juga berhasil diangkat,” jelasnya.

Menurut Ahmad, tidak mudah mengangkat bangkai kapal yang sudah tenggelam ke dalam air. Untuk itu, pihaknya harus menerjunkan seorang penyelam untuk mengangkat bagian-bagian bangkai kapal tersebut dari dal laut ke permukaan.

“Belum lagi pekerja harus menyelam dan melepas satu per satu bagian-bagian bangkai kapal. Setelah itu, baru kemudian diangkat ke permukaan,” tandasnya. (as)