Tim Rukyatul Hilal PCNU Gresik Berhasil Melihat Hilal

Tim Falakiyah Rukyatul PCNU Gresik saat melakukan rukyatul hilal di Bukit Condrodipo Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik menggelar rukyatul hilal di Bukit Condrodipo Gresik. Hal ini dilakukan guna menentukan awal bulan Ramadhan 2019 pada Minggu (5/5/2019).

Proses melihat hilal di Bukit Condrodipo Gresik ini dilakukan Tim Falakiyah Rukyatul Hilal PCNU Gresik, yang dipimpin oleh Ustadz Muhyiddin.

Menurut dia, langkah ini dilakuan seiring berakhirnya bulan Sya’ban dalam kalender Hijriyah, serta untuk mengetahui kapan dimulainya puasa wajib bagi umat muslim di Gresik.

Ustadz Muhyiddin mengatakan, bahwa pihaknya berhasil melihat hilal. Dia menyebutkan, ada enam orang yang sudah mengaku menyaksikan hilal.

Keenam orang yang mengaku melihat hilal saat rukyatul hilal di Bukit Condrodipo ini di antaranya, Khairul Anwar, Ustadz Samsul Fuad, H. Ihwanuddin, H. Ashar, Salahuddin Kamil dan Hisamuddin.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setiap hendak memasuki bukan suci Ramadhan ormas Islam NU dengan tim falakiyahnya ikut membantu Kementrian Agama untuk menjadi dasar penentuan awal bulan suci romadhan.

Untuk saat ini, ketinggian hilal mencapai 5 derajat. Dengan ketinggian tersebut, akan memudahkan tim rukyatul hilal untuk bisa melihat hilal yang hasilnya nanti akan di kirim ke Kementerian Agama RI.

Pelaksanaan rukyatul hilal yang dilakukan di Bukit Condrodipo Gresik ini memiliki ketinggian 120 meter dari permukaan laut, sehingga sangat membantu tim rukyarul hilal.

Selain melakukan penglihatan secara manual atau mata telanjang, tim rukyatul hilal PCNU Gresik juga dibantu dua alat teleskop yang bisa mengabadikan citra hilal.

Untuk di Jawa Timur, ada 30 titik tempat melakukan rukyatul hilal yang didata Kantir Wilayah Kemenag Jatim.

Pelaksaan rukayrul hilal di bukit Condrodipo dihadiri langsung oleh Plt. Kanwil Kemenag Jatim. Hasil dari rukyatul hilal ini akan dilangsung dilaporkan ke Kementrian Agama RI. (as)

No Response