Warga ABR Tangkap Pembobol Rumah Ngaku Polisi

0
212 views
Pelaku pembobol rumah kosong diamankan warga dan Satpam Perumahan ABR di Kebomas. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Satpam perumahan Alam Bukit Raya (ABR) Kebomas, Gresik, mengamankan tersangka pelaku pembobolan rumah kosong pada Minggu sore (5/3/2017), sekitar pukul 16.00 Wib. Pelaku diketahui bernama Brinda Sudarmanto, warga Singosari, Kebomas.

Pelaku tertangkap setelah ada laporan dari Ulfa, pembantu rumah tangga di salah satu rumah yang ada di komplek Perumahan ABR. Saat itu, Ulfa melihat seorang yang mencurigakan masuk ke rumah kosong mengambil alat pompa air untuk akuarium.

Sebelumnya, pelaku berpura-pura bertanya alamat rumah salah seorang warga. Tapi tiba tiba pelaku langsung masuk ke salah satu rumah kosong. “Saya curiga orang itu kok masuk ke rumah kosong, dan lama sekali berada di dalamnya,” kata Ulfa.

Karena merasa curiga, Ulfa pun langsung menghubungi pos Satpam perumahan ABR. Ia melaporkan bahwa ada orang mencurigakan masuk ke salah satu rumah kosong. “Saya langsung lapor pos Satpam,” terang Ulfa sambil gemetaran karena takut.

Tak berlangsung lama, Satpam perumahan dan warga yang sedang melintas langsung menghadang pelaku yang hendak keluar  dari areal perumahan. Pelaku yang pakai kaos hitam dan mengendarai sepeda motor nopol W 2822 FT dihentikan satpam.

Awalnya, pelaku sempat mengelak jika dirinya dikatakan masuk ke rumah warga. Tapi ketika warga melihat barang yang di bawa, pelaku mengaku kalau telah mendapatkan izin dari pemilik rumah.

Anehnya saat diminta menghubungi pemilik rumah, pelaku tak bisa berbuat banyak. Bahkan, pelaku sempat gemetar saat diintrogasi satpam perumahan dan warga. Lalu, pelaku mengaku anggota polisi, tapi saat di minta menunjukkan identitasnya, pelaku  kembali berkelit.

Warga pun semakin curiga, hampir saja pelaku pembobolan rumah kosong tersebut dihajar warga. Beruntung anggota Polsek Kebomas cepat datang. Pelaku langsung diamankan dan dibawa ke mobil patroli menuju kantor Polsek Kebomas.

Kapolsek Kebomas Kompol Gaguk mengatakan, saat ini pelaku masih di periksa. Pelaku diketahui membawa dua buah anak kunci rumah. “Dan sempat mengaku sebagai anggota,” terang Gaguk.

Informasi tertangkapnya pelaku yang sempat mengaku sebagai anggota polisi langsung menjadi perhatian tim buser Polres Gresik. Karena tidak menutup kemungkinan pelaku telah berkali-kali melakukaan hal serupa untuk menakut nakuti orang yang menghadang pelaku. (amn)