Meski Diprotes, Pertunjukan Lumba-lumba di Gresik Tetap Digelar

0
270 views
Pertunjukan lumba-lumba dalam rangka HUT Gresik menuai protes warga Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Pertunjukan lumba-lumba di kawasan Satadion Gelora Joko Samudro Gresik tetap digelar meski diwarnai protes dari para pecinta satwa. Sirkus aneka satwa ini diselenggarakan PT Wersut Seguni Indonesia (WSI), Minggu (5/3/2017), dalam rangka HUT Gresik ke-43-530.

Pantauan di lapangan, pagelaran pentas lumba-lumba ramai dikunjungi warga Gresik dan warga luar daerah. Pertunjukan aneka satwa ini melibatkan dua ekor lumba-lumba, satu ekor beruang madu, burung kakak tua dan dua ekor berang-berang.

Dalam satu kali pertunjukan, tempat duduk yang disediakan panitia rata-rata ditonton sekitar 200 orang. Sementara tiket masuk dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp35.000- Rp40.000. Sedangkan untuk tiket VIP dijual senilai Rp60.000 per orang.

Pertunjukan ini berlangsung dari 3-9 Maret 2017. Sebelumnya pentas lumba-lumba dan aneka aatwa dengan tema Wisata Edukasi dan Hiburan keluarga mendapat penolakan dari para netizen, karena dinilai sebagai tindakan yang menyiksa satwa.

Beredarnya Surat Dirjen PHKA No. S. 388/IV-KKH/2013 tanggal 19 Agustus 2013 yang seharusnya menjadi penunaian janji Menteri Kehutanan untuk menghentikan sirkus Lumba-lumba keliling yang dinyatakan Ilegal belum terwujud. (wan)