ABK Kapal Momentum Asal Bawean Tewas Terjatuh di Sungai Musi

Badan SAR Nasional Palembang saat mengevakuasi Anak Buah Kapal TB Momentum X, Azizur Rahim (26) yang jatuh tenggelam di Sungai Musi Palembang. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) TB Momentum X, Azizur Rahman (26), asal Dusun Pagarangan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik, ditemukan tewas setelah terjatuh di Sungai Musi Palembang.

Informasi yang dihimpun beritagresik.com, peristiwa naas itu terjadi pada Sabtu (02/02/2019). Saat itu, Azizur hendak memasang tali towing untuk menghubungkan Tug Boat dengan kapal Tongkang, lalu terpeleset dan jatuh ke sungai Musi.

“Informasi dari Palembang Azizur terpeleset dan jatuh ke sungai Musi. Jenazahnya ditemukan setelah mendapat bantuan dari Tim SAR di sana, “kata Jumali yang mewakili keluarga almarhum.

Berdasarkan informasi dari laman Basarnas Palembang, pada saat memasang tali towing yang menghubungkan antara tugboat dan tongkang, korban terseret arus dan tenggelam. Namun hingga sore hari, pencarian belum membuahkan hasil.

Setelah dua hari belum ditemukan, Tim SAR kembali melakukan pencarian pada hari ketiga. Pencarian dilakukan pada pukul 06.30 Wib, dengan melakukan penyisiran 3 NM dan 6 NM ke arah timur.

Tak lam waktu berselang, pada pukul 07.00 Wib Korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia. Korban ditemukan mengapung di dekat Posko SAR yang berada di bawah jembatan Musi II atau sekitar 1,5 NM dari lokasi kejadian.

Korban pertama kali dilihat oleh crew kapal Tugboat yang sedang sandar di tempat tersebut. Korban terlihat berada di sela-sela antara tugboat dan Tongkang.

Tidak lama setelah ditemukan, Tim SAR Gabungan pun langsung mengevakuasi jenazah korban. Setelah itu, jenazah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang guna dilakukan proses lebih lanjut.

Sementara berdasarkan surat keterangan yang diterima oleh sekretariat Kerukunan Warga Bawean Gresik (KWBG) dari Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, jenazah Azizur diawetkan di ruang mayat rumah sakit Bhayangkara Palempang sebelum diterbangkan ke Bandara Juanda Surabaya.

Jenazah almarhum dijadwalkan tiba sore ini di Gresik. Selanjutnya, jenazah akan dikirim ke Pulau Bawean untuk dikebumikan di kampung halamannya. (abr)

No Response