Warga Gresik Senang Bisa Ikut Operasi Bibir Sumbing Gratis

0
18 views
Wagub Jatim Gus Ipul saat berbincang dengan pasien operasi bibir sumbing di RS Fathma Medika Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik bekerjasama dengan Rumah Sakit Fathma Medika Sembayat Gresik menggelar bakti sosial operasi bibir sumbing gratis. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim. Mereka sempat mengunjungi para pasien yang akan menjalani operasi bibir sumbing gratis di RS Fathma Medika.

Wagub Jatim bersama Bupati dan Wakil Bupati Gresik juga tampak berbincang-bincang dengan para pasien. Menurut Sambari, pasien yang terdiri atas warga Gresik mengaku senang dengan adanya program operasi bibir sumbing gratis ini.

“Semua pasien mengaku senang, karena mereka akan menjalani operasi bibir sumbing secara gratis. Kami berdoa kepada semua pasien agar senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalani operasi,” kata Sambari di RS Fathma Medika, Sabtu (4/11/2017).

Sementara Gus Ipul mengungkapkan, dari setiap 500 anak yang dilahirkan di sejumlah daerah di Jawa Timur, 1 di antaranya mengalami bibir sumbing. Menurut Cawagub Jatim itu, idealnya operasi bibir sumbing dilakukan pada usia 1-6 bulan.

“Efektifnya (bibir sumbing) dioperasi pada usia 1 sampai 6 bulan, namun fakta yang kami jumpai banyak yang terlambat (operasi) karena keterbatasan dana yang biasanya menelan biaya Rp 5-7 juta,” ujar Gus Ipul.

Untuk itu, Gus Ipul mewakili pemerintah Prpvinsi Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada RS Fathma Medika yang dipimpinan oleh dr Alif dan Pemkab Gresik, serta pihak lain yang mendukung kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis.

“Dan siapapun yang menjalankan tugas mulia, semoga di Jawa Timur nantinya bisa menyebar hadir KH Afif Maksum dan KH Mahfud Maksum dan beberapa tokoh masayarakat lainnya,” ucap Gus Ipul.

Kegiatan bakti sosial ini juga terlaksana berkat kerja sama dengan Fakultas Airlangga Surabaya, Yayasan Seribu Cinta, PGGT dan perusahaan BUMN Pertamina. (as)