50 Operator PT HSS Ikuti Ujian Sertifikasi Alat Berat

0
88 views
Training dan Sertifikasi operator alat berat di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sebanyak 50 tenaga operator PT Hidup Sejahtera Sentosa (HSS) mengikuti ujian teori dan praktek dalam pelatihan alat berat. Ujian ini diikuti operator guna memperoleh sertifikat surat izin operator (SIO), Jumat (4/8/2017).

Pelatihan yang digelar di Gresik ini diikuti oleh operator untuk alat berat seperti excafator, doser, fibro dan operator breker. Ujian tersebut dilaksanakan sesuai dengan anjuran dari pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Sebagai perusahaan pelaksana proyek kontraktor dan alat berat, PT HSS menilai, pelatihan itu penting guna menghadapi tantangan zaman serta meningkatkan kualitas 50 operator yang dimiliki. Sebab, setiap operator wajib memiliki lisensi SIO.

Instruktur pelatihan operator alat berat dari PT Trust Bimo Indonesia, Eka Andreasben menekankan pentingnya pelatihan bagi tenaga operator. “Karena tenaga terampil dan skill yang madai akan meningkatkan wawasan dan keilmuan operator,” kata Eka.

Sementara itu, Direktur SDM PT HSS Susianto mengaku sangat puas dengan ujian teori dan praktek yang diberikan oleh instruktur terhadap sebanyak 50 tenaga operator yang ada di perusahaannya. Ia yakin anak buahnya bakal lolos ujian ini.

“Sangat puas dan yakin, karena hanya sebagian tenaga operator yang mempunyai skill untuk menyonsong segala kebutuhan di┬áJava Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) atau terminal pelabuhan internasional di Manyar, Gresik,” ucapnya. (as)