Hari Peduli Sampah Nasional, BKSDA Gresik Bersihkan Danau Kastoba

Puluhan peserta mengikuti kegiatan HPSN 2019 di Danau Kastoba Bawean, Gresik, Jawa Timur, Selasa (4/3/2019). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Satu demi satu sampah-sampah yang ditemukan dipungut siswa dan warga di kawasan Danau Kastoba Bawean. Lalu, sampah dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik. Tak jarang para pelajar terpaksa turun ke cela-cela batu untuk memungut sampah yang tersangkut di sana.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digagas oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 2 Gresik, Jawa Timur, Senin (4/3/2019)

Kali ini, BKSDA Wilayah 2 Gresik memilih lokasi peringatan HPSN di kawasan obyek wisata Danau Kastoba Bawean. Kegiatan ini juga melibatkan puluhan pelajar, mahasiswa, Muspika serta sejumlah tokoh masyarakat di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan daerah kawasan wisata Danau Kastoba benar-benar bersih dari sampah, sehingga menambah minat para pengunjung.

Kabid BKSDA Wilayah 2 Gresik Wiwid Widodo mengatakan, momentum HPSN kali ini merupakan strating point atau titik anjak untuk terus mengajak masyarakat menjaga kebersihan di kawasan wisata Danau Kastoba, sehingga danau yang indah ini nantinya terbebas dari sampah.

“Ada obyek wisata yang indah di sini yaitu Danau Kastoba. Nah, untuk mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, kita galakkan kepedulian masyarakat Bawean bersama-sama diwakili oleh pelajar, mahasiswa, muspika serta tokoh masyarakat kita bersihkan sampah di Danau Kastoba. Nanti sebulan sekali kita lakukan evaluasi bersama supaya benar-benar terwujud Kastoba nol sampah,” tutur Wiwid.

Rangkaian peringatan HPSN di Danau Kastoba ini diawali dengan pembacaan surat menteri Lingkungan dan Kehutanan Republik Indonesia oleh Kabid BKSDA Wilayah 2 Gresik Wiwid Widodo. Kemudian, dilanjutkan dengan ajakan peduli sampah oleh Kapolsek Tambak dan Baharuddin selaku tokoh Bawean.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan poster sebagai wujud komitmen bersama warga di Pulau Bawean peduli sampah di Danau Kastoba.

Selanjutnya, peserta memungut sampah-sampah yang berserak di kawasan Danau Kastoba, terutama sampah plastik. Sampah-sampah tersebut dimasukkan ke dalam kantong plastik dan dibawa turun dari lokasi Danau Kastoba (abr)

No Response