Kendaraan Besar Dilarang Melintas di Jalan Betoyo Manyar

0
3,796 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat di lokasi pemasangan portal jalan di Sembayat, Manyar. (Foto: BG)

BeritaGresik.com – Kendaraan bertonase di atas 10 ton seperti truk tronton, bus dan kendaraan besar lainnya, dilarang melewati jalan nasional mulai dati Kecamatan Manyar hingga keluar tol menuju Pantura.

Larangan itu ditandai dengan pemasangan portal jalan oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Kepala Dishub Gresik Andy Hendra Wijaya, di Sembayat, Manyar, Gresik, Selasa (3/1/2017) malam.

Pemasangan portal jalan dilakukan untuk mengurangi kepadatan dan antisipasi kecelakaan, sebab banyak kendaraan lewat di jalan yang tidak memenuhi syarat. Ini juga lakukan sebagai respon atas keluhan warga dan lambatnya pemerintah pusat.

“Secepatnya berharap kepada pemerintah kendaraan besar agar tidak melintas karena bahaya. Kendaraan yang dari Surabaya dialihkan ke Duduk Sampeyan. Nanti bisa lewat Lamongan,” kata Sambari.

Di kesempatan itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta maaf kepada semua pengguna jalan di wilayah Manyar. Dia mengimbau para pengguna jalan yang dilarang melintas untuk mencari alternatif.

Rencananya, besok Dinas PU dan Dishub Pemkab Gresik akan berangkat ke Jakarta untuk menyampaikan kondisi jalan nasional di kawasan Pantura Gresik yang sudah rusak parah ke pemerintah Pusat.

Sambari juga menjelaskan, Pemkab Gresik tidak punya kewenangan untuk melakukan jalan tersebut. Pasalnya, status jalan itu masuk dalam jalan nasional, sehingga keputusan ada di pemerintah pusat. (as)