Mengintip Aktivitas Pecinta Burung Lovebird di Gresik

0
81 views
Para pecinta burung lovebird di Kali Tutup, Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Suara kicau burung ramai terdengar di Kali Tutup, Gresik, Rabu (5/5/2017). Tanpaknya suara itu datang dari kicauan berbagai jenis burung yang dimiliki para penggemar burung lovebird.

Rupanya, burung bersuara merdu dan berbulu indah itu milik para penggemar lovebird di Gresik. Mereka menempatkan burung dengan aneka warna itu dalam sangkar, lalu dijejer di tanah. Beberapa di gantung di bawah atap teras rumah.

Sementara para pemilik burung tanpak menikmati suara dan keindahan bulunya dari jarak sekitar 2 meter. “Lovebird ini bukan hanya kekean (suara) saja yang merdu, tapi juga kecantikan bulunya,” ujar Mahmudi (42), kepada BeritaGresik.com, Rabu (3/5/2017).

Dia mengatakan, para pecinta dan pemilik lovebird di wilayah setempat sering berkumpul membawa burungnya masing-masing. Momen berkumpul ini dijadikan ajang untuk sharing dan menunjukkan kebolehan burung peliharaannya.

Mengenai jenis lovebird yang ditampilkan, Mahmudi menuturkan, ada beragam jenis burung lovebird yang dimiliki anggota komunitas itu, mulai dari parblue, fit blue series, frans series dan jenis yang lainnya.

“Rencananya kami akan lebih menggalakan sosialisasi soal lovebird ini sehingga masyarakat tahu, selain keindahannya burung ini juga termasuk langka sehingga harus dipertahankan,” ucapnya. (wan)