Banyak Barang Raib, Setwan DPRD Gresik Segera Inventarisasi Aset

0
254 views
Kantor DPRD Kabupaten Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Sejumlah barang inventaris yang ada di Kantor DPRD Gresik dikabarkan banyak yang raib. Karena itu, pihak Sekretariat Dewan (Setwan) segera melakukan inventarisasi dan penelusuran keberadaan aset yang hilang itu.

Dalam hal melakakukan pandataan aset milik negara itu, pihak Setwan DPRD Gresik menggandeng Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Barang teraebut nantinya akan didata ulang, baik aset lama maupun baru.

“Pendataan harus dilakukan biar jelas keberadaan inventaris tersebut,” kata Sekretaris DPRD Kabupaten Gresik Mokh Najikh kepada BeritaGresik.com, Jumat (3/2/2017).

Najikh mengatakan, aset-aset pemerintah itu dibeli dari uang rakyat miliaran rupiah. Aset itu meliputi mubeler seperti kursi dan meja bekas ruang paripurna, bekas ruang fraksi, alat elektronik, serta perabot rumah tangga seperti kulkas, dan barang lainnya.

Inventarisasi aset juga mencakup bekas perabotan dan alat elektronika yang berada di tiga rumah dinas pimpinan DPRD Gresik. “Sebagai Sekwan saya harus tahu keberadaan aset-aset tersebut, baik yang masih bisa digunakan atau yang tidak,” ujarnya.

Untuk barang yang dianggap sudah tidak layak pakai, terang Najikh, nantinya dapat dilelang. Kemudian, uang dari hasil lelang itu akan dimasukkan dalam kas daerah.

Inventarisasi aset ini dilakukan setelah dewan menyoroti banyaknya inventaris bekas kantor DPRD Gresik yang tidak jelas wujudnya. Inventaris tersebut diletakkan di sembarang tempat, karena Setwan DPRD tidak memiliki gudang penyimpanan. (wan)