Peringati Hari Batik Nasional, Ini Yang Dilakukan Pelajar Gresik

0
25 views
Para pelajar MTs Nurul Islam Gresik Peringati Hari Batik Nasional dengan belajar membatik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Para pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Islam Gresik punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Selasa 2 Oktober. Mereka merayakan Hari Batik dengan cara belajar membatik.

Kegiatan itu dilakukan sebagai bagian dari upaya melestarikan batik, yang merupakan warisan budaya nusantara. Mereka tanpak antusias ketika belajar membatik. Mereka dipandu oleh pengurus Asosiasi Pengrajin Batik Indonesia, Siti Zunayah Budiarti.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam Ahmad Nasrullah mengatakan, kegiatan tersebut baru pertama kali diadakan oleh pihak sekolah. Mereka yang ikut belajar membatik terdiri atas siswa-siswi kelas 7- 9.

Menurut Nasrullah, kegiatan membatik ini dilakukan untuk menumbuhkembangkan budaya cinta batik dan mengenalkan batik kepada anak didik. Namun, di MTs Nurul Islam dikatakan belajar membatik sudah masuk dalam kegiatan ekstrakuler sekolah.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menumbuhkembangkan potensi anak-anak didik, terutama bagi mereka yang suka menggambar. Untuk diarahkan ke seni membatik, yang merupakan warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan,” kata Nasrullah, Senin (2/10/2017).

Dia menambahkan, batik memiliki nilai filosofi tinggi, terutama bagi pembatiknya. Untuk itu, pihak sekolah lebih menekankan anak didik membatik dengan motif kaligrafi.

“Sebab, Gresik dikenal sebagai daerah religius, sehingga tepat jika tema itu yang kita angkat, seperti mengkaligrafikan tulisan ‘Al Ilmu Nuurun dan Anathofatu minal Iman’ bermotif batik,” pungkasnya. (abr)