Kompensasi Belum Terealisisi, DPRD Gresik Segera Panggil Pelaksana Proyek Tol Sumo

0
31 views
Wakil Ketua DPRD Gresik Syafi’ AM saat jumpa pers di Gedung DPRD Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – DPRD Gresik berencana memanggil kembali pelaksanan proyek jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dalam waktu dekat ini. Pemanggilan ini terkait tuntutan warga Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Greaik yang menagih kompensasi dampak proyek yang hingg kini belum direalisasikan pihak pelaksana.

“Kompensasi itu di antaranya, relokasi SDN (Sekolah Dasar Negeri) I Sumput, pembangunan gorong-gorong sebagai tempat pembuangan air warga dan ganti rugi terhadap rumah warga Desa Sumput,” kata Wakil Ketua DPRD Gresik Moh. Syafi’ AM dalam jumpa pers, Senin (2/10/2017).

Persoalan warga Sumput sudah pernah menjadi pembahasan Komisi I (bidang pertanahan) dan Komisi III (bidang pembangunan). Bahkan saat itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Camat Driyorejo, Dinas Pendidikan, Kepala Desa Sumput dan pihak terkait sudah dipanggil.

“Dari hasil pertemuan tersebut dihasilkan sejumlah keputusan. Intinya, kompensasi yang harus diberikan pihak pelaksana proyek tol harus dilakukan. Namun, kalau faktanya saat ini sejumlah kompensasi yang telah disepakati belum dijalankan pihak pelaksana proyek tol. Maka dari itu, kami akan agendakan kembali memanggil pihak terkait untuk menuntaskan persoalan tersebut,” kata politisi senior PKB itu.

Syafi’ mengaku sangat memahami apa yang dikhawatirkan oleh warga masyarakat Sumput. “Mereka takut kalau pelaksanaan proyek tol rampung, kompensasi tak direalisasikan. Ini jangan sampai terjadi,” ujarnya.

Untuk itu, ia berusaha menuntaskan persoalan tersebut, sehingga hak-hak warga Sumput bisa dipenuhi. Sebab, saat ini proyek akan memasuki finishing, namun belum ada tanda-tanda dari pihak pelaksana merealisasikan kompensasi.

“Sehingga tidak terulang lagi di proyek-proyek lain. Apalagi, saat ini Kabupaten Gresik banyak proyek-proyek nasional yang masuk,” tutupnya. (wan)