AMP Extension page

Begini Reaksi Bupati Sambari Saat Cek Absen Apel ASN Gresik

Bupati Gresik Sambari mengecek langsung absen fisik kehadiran ASN saat apel pagi, Senin (2/4/2018). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Masalah kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Gresik menjadi perhatian serius Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Ia bahkan mengecek langsung absen fisik kehadiran ASN saat apel pagi, Senin (2/4/2018).

Itu dilakukan Sambari untuk meningkatkan disiplin ASN di lingkungan Pemkab Gresik. Ia mencocokkan absensi dengan daftar hadir yang telah ditandatangani. Saat itu, Sambari didampingi Wakil Bupati Moh. Qosim dan Sekda Kng. Djoko Sulistio Hadi.

“Ini untuk upaya penegakan disiplin pegawai di lingkup Pemkab Gresik. ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan diberi sanksi tegas. Apalagi kalau absensi diisikan oleh rekan kerja, sementara yang bersangkutan tidak hadir,” tegas Sambari.

Dia mengatakan, ASN yang tidak hadir saat apel pagi akan dikumpulkan dan mengikuti apel susulan keesokan harinya. Sementara pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan akan dipanggil. Mereka juga akan diberi teguran dan peringatan secara berjenjang.

“Tolong disampaikan bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan hari ini, besok pagi mengikuti apel susulan,” ucapnya dengan nada tinggi.

Sambari meminta Badan Kepegawaian Daerah memberikan sangsi tunjangan. Di sisi lain, dia ingin agar tingkat kehadiran ASN dapat diimbangi dengan kinerja pegawai Pemkab Gresik yang lebih baik.

“Penegakan disiplin ini bukan untuk mengekang, akan tetapi harus disadari untuk dijadikan landasan berpijak untuk memperbarui pola piker dan perilaku sebagai aparatur permeintah yang terpanggil untuk melayani bukan untuk dilayani,” jelasnya.

Berdasarkan data di Badan Kepengawaian Daerah, paling banyak tidak ikut apel pagi yakni Dinkes 47 PNS, Disperindag 17 PNS, Dinas Perijinan 12 PNS, Dinas Pertanian 18 PNS.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, tidak seharusnya pegawai telat mengikuti apel pagi, karena hal itu sudah menjadi kewajiban mereka. Apalagi libur panjang selama 3 hari berturut turut sudah usai. (as)

No Response