Gresik Bakal Sulap TPA Jadi Destinasi Wisata

0
104 views
Salah satu tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Gresik. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Program Adipura 2017 lebih menitikberatkan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Bahkan, bobot penilaian pada TPA mencapai 75%. Angka itu terbilang sangat tinggi dibandingkan dengan indikator penilaian yang lainnya.

Untuk itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim punya keinginan untuk menyulap TPA yang ada di Gresik menjadi deatinasi wisata baru berwawasan edukasi. Selain itu, TPA juga dapat dijadikan sebagai pusat kajian atau riset, terutama bagi dunia pendidikan.

Keinginan itu diungkapkan Wabup Qosim dalam sosialisasi sekaligus pembinaan program Adipura yang dihadiri Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa Sugeng Priyatno dan para pimpinan SKPD di ruang Putri Cempo kantor Bupati Gresik, Kamis (02/03/2017).

“Mudah-mudahan dapat terwujud, sehingga Gresik mempunyai destinasi wisata unik berwawasan edukasi sekaligus sebagai pusat riset bagi dunia pendidikan maupun seluruh lapisan masyarakat,” kata Qosim.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menambahkan, penerapan perilaku hidup bersih dan menjaga lingkungan agar tetap bersih memerlukan dukungan dari semua pihak, utamanya masyarakat.

“Selain pemerintah dan dinas terkait, kami juga memerlukan dukungan semua pihak termasuk masyarakat, agar upaya kita menjadikan kawasan Gresik bersih dan bebas sampah dapat terwujud,” imbuhnya. (as)