Longsor Tutupi Badan Jalan Lingkar Bawean

0
343 views
Longsor menutupi badan jalan lingkar Bawean di dusun Tajung, desa Kepuhlegundi, kecamatan Tambak. (Foto: BG/Abrari)

BeritaGresik.com – Sebuah tebing di atas jalan lingkar Bawean di dusun Tajung, desa Kepuhlegundi, kecamatan Tambak, kabupaten Gresik longsor hingga menutupi badan jalan, Rabu malam (01/02/2017) sekira pukul 19.00 WIB.

Rangu, salah seorang warga setempat yang turut menyaksikan langsung kejadian itu menuturkan, batu bercampur tanah mulai berjatuhan dari ketinggian saat dirinya yang mengendarai sepeda motor sedang melintas di jalan bertebing itu.

Sesaat kemudian, lanjut Rangu, longsor disertai dengan tumbangnya sebuah pohon besar hingga menutupi badan jalan lingkar Bawean. Beruntung peristiwa longsor terjadi sesaat setelah dirinya melintas di jalan itu, sehingga selamat dari longsoran.

Longsor di Pulau Bawean disertai pohon tumbang. (Foto: BG/Abrari)

“Saat melintas saja saya sudah melihat batu dan tanah sudah mulai berjatuhan. Beruntung saya cepat-cepat menghindar, telat sedikit saja bisa mengenai saya,” tarang Rangu.

Sementara menurut warga lainnya, Hawasi, kawasan itu menjadi sangat rawan longsor sejak adanya proyek plengsengan jalan. Pihak proyek dikatakan mengeruk tebing di atas jalan tanpa diberi tembok penahan, sehingga akar-akar pohon bergelantungan.

Akibat adanya pengerukan itu, akar pohon tak kuat menahan beban. Apalagi lagi saat musim hujan, tanah semakin tergerus oleh air. “Sejak pembangunan plengsengan kawasan ini rawan longor, harusnya tebing diberi tembok penahan tanah,” tuturnya.

Peristiwa tanah longsor yang disertai pohon tumbang itu membuat akses jalan lingkar Bawean yang menghubungkan kecamatan Tambak dan kecamatan Sangkapura melalui jalur timur terputus. (abr)