Kali Lamong Meluap, Sejumlah Desa di Benjeng Terendam Banjir

0
768 views
Banjir akibat luapan kali Lamong mulai menggenangi jalan raya di Banjeng, Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Banjir yang dipicu oleh meluapnya kali Lamong kembali melanda wilayah Gresik. Air luapan ini bahkan sudah mulai masuk ke kawasan permukiman warga di Desa Kedungrukem, Kecamatan Benjeng, tadi pagi Kamis (2/2/2017) sekitar pukul 05.00 Wib.

Rudi Cahyono (30), warga Kedungrukem, Benjeng, menjelaskan kalau pagi tadi secara tiba-tiba luapan kali Lamong masuk ke permukiman warga. Selain membuat rumah warga tergenang, banjir luapan kali Lamong juga menggenangi jalan desa.

Ketinggian air yang menggenagi kawasan permukiman warga mencapai sekitar 50 centimeter. Karena itu, Cahyono bersama kelurganya langsung mengemasi perabot rumahnya yang ada di lantai ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena banjir.

Sejak pukul 5 pagi hingga pukul 8, sudah ada beberapa desa yang tergenang banjir, yakni Kedungrukem, Munggugianti dan desa Ngablak. Air luapan kali lamong terus meninggi dan diperkirakan semakin banyak daerah yang terdampak banjir luapan kali.

Sementara Rais Safutro (54), warga desa Ngablak, berharap supaya pemerintah segera melakukan perbaikan tanggul di sepanjang kali Lamong yang melintasi wilayah Gresik agar banjir tidak terjadi lagi disaat debit air kali Lamong tinggi. (amn)