Banjir di Gresik Meluas, Warga Diimbau Waspada

0
821 views
Banjir menggenangi kantor Camat Benjeng dan ratusan rumah warga. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Banjir yang melanda kawasan selatan Gresik akibat luapan Kali Lamong terus meluas. Saat ini air luapan itu sudah menggenangi jalan-jalan poros desa dan 1.000 lebih pemukiman warga di beberapa desa di Kecamatan Benjeng.

Camat Benjeng Nuryadi mengaku pihaknya telah melakukan pemantaun langsung ke sejumlah lokasi maupun desa yang terdampak banjir akibat luapan Kali Lamong. Di kesempatan itu, ia mengimbau kepada warganya agar tetap waspada.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, jumlah desa yang terdampak banjir di Kecamatan Benjeng mencapai delapan desa. Sementara rumah warga yang terdampak banjir sudah mencapai 1.064 rumah dengan ketinggian air 50-75 centimater.

Tidak hanya menggenangi rumah warga dan jalan poros desa, banjir yang melanda Kecamatan Benjeng juga sudah merendam sejumlah fasilitas umum dan perkantoran. Bahkan, Kantor Kecamatan Benjeng sendiri juga tak luput terkena dampak banjir.

Kondisi yang sama terjadi di Kecamatan Balongpanggang, banjir setidaknya telah merendam sekitar 700 lebih rumah warga di enam desa. Ketinggian air yakni 10-150 centimeter. Tak hanya rumah warga, banjir juga menggenangi sawah dan jalan poros.

Sementara di Kecamatan Cerme, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik mencatat, ada dua desa yang terdampak banjir, yaitu Desa Dadapkuning dan Desa Morowudi. Air menggenangi rumah warga dan jalan raya.

Untuk penanganan warga korban banjir, Muspika telah berkoordinasi dengan BPBD dan mengecek desa yang terdampak banjir. Sementara BPBD Gresik menyiagakan perahu untuk evakuasi warga, memberi bantuan kantong plastik dan makanan siap saji. (wan)