Ribuan Jamaah Padati Istighotsah Kubro di Gresik

0
22 views
Ribuan jamaah memadati Istighotsah Kubro yang digelar Pemkab Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik mengawali aktivitas di awal tahun 2018 dengan menggelar istighotsah kubro di halaman kantor Pemkab Gresik, Selasa (2/1/2018). Kegiatan tersebut disambut antusias warga dan diikuti 2500 jamaah.

Para jamaah yang terdiri atas pegawai di lingkungan Pemkab Gresik, masyarakat dan pelajar di Gresik membanjiri halaman Pemkab Gresik. Mereka tampak semangat membaca sholawat nabi serta khusuk berdoa dalam mengawali tahun baru 2018.

Tenda yang begitu besar sepertinya tak menampung luberan jamaah. Mereka sampai mengambil tempat pada sisi barat dan timur tenda serta duduk di bawah pohon. Tanpa alas tikar pun, jamaah rela duduk di atas koran yang disiapkan panitia.

Para anggota Forkopimda Gresik menghadiri Istighotsah Kubro di Gresik. (Foto: BG/As)

Tampak hadir pada Istighotsah Qubro seluruh Forkopimda Gresik, ulama, tokoh masyarakat dari berbagai kecamatan, seluruh Muspika di Kabupaten Gresik, Kepala OPD Pemkab Gresik, PNS, serta pelajar dari berbagai sekolah di Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga kepada seluruh jamaah yang begitu antuaias menghadiri Istighotsah Qubro yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

“Ini sebuah tradisi yang harus dilestarikan di Gresik sebagai kota santri. Hampir semua kegiatan, kami selalu melaksanakan kegiatan Istighotsah seperti saat ini,” tutur Sambari.

Peserta istighotsah kubro di Gresik membludah. (Foto: BG/As)

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh ulama dan masyarakat Gresik yang telah banyak membantu dan mendukung program pemerintah.

“Gresik sebagai kota santri, tentu saja kegiatan keagamaan harus dikedepankan. Kami siap membangun berbagai pusat kegiatan Islam di seluruh wilayah pembantu Bupati. Bahkan, saya diberi masukan agar pusat kegiatan Islam juga dibangun di setiap kecamatan,” ucapnya.

Untuk itu, Sambari meminta dukungan kepada para kiai dan semua masyarakat Gresik agar dapat merealisasikan pusat kegiatan Islam tersebut. “Saya berharap, Gresik kota Santri tak hanya slogan tapi realita kehidupan yang tergambar pada semua wilayah di Gresik,” tandasnya.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim menyebut beberapa event yang selama ini selalu dibarengi dengan kegiatan Istighotsah, di antaranya awal masuk Tahun baru, saat perayaan HUT Pemkab Gresik, lalu hari jadi kota Gresik, serta pada Hari buruh.

“Selain itu, pada setiap peresmian proyek atau bangunan pasti dilaksanakan istighotsah. Bahkan setiap Kamis malam, di Rumah Dinas Wakil Bupati Gresik selalu dilaksanakan Istighotsah dan pembacaan sholawat nabi,” tambah Qosim melalui Kabag Humas Pemkab Gresik, Suyono.

Pada kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Gresik, serta Anggota Forkopimda Gresik menyerahkan santunan untuk anak yatim piatu dan janda miskin. (as)