Protes Jalan Rusak, Warga Gulingkan Pipa Gas ke Tengah Jalan

0
4,076 views
Pipa gas milik PGN digulingkan warga ke tengah jalan. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Aksi protes jalan rusak kembali dilakukan warga di Jalan Raya Betoyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, pada Minggu (1/1/2017) malam. Pipa besi milik PGN yang berada di pinggir jalan digulingkan hingga ke tengah jalan.

Tidak hanya itu, warga juga menanam pohon keres di dua titik jalan yang rusak di dekat pertigaan Tengger Manyar. Pada pohon yang ditanam di tengah jalan tersebut diberi tulisan yang menyindir dengan kalimat “dijual 1 miliar”.

Aksi ini dilakukan oleh warga setempat sebagai bentuk protes atas lambatnya penanganan jalan nasional yang rusak. Warga diduga tidak puas dengan hasil aksi demo yang dilakukan pada 20 Desember 2016 yang lalu.

Warga juga menanami pohon jalan yang rusak. (Foto: BG/Amn)

Amrullah, salah seorang karyawan SPBU mengatakan, aksi protes yang dilakukan oleh warga setempat menunjukkan bahwa kondisi jalan yang rusak sudah sangat parah dan penting untuk segera diperbaiki.

“Bendera merah putih yang dipasang warga di ujung pipa gas, seperti menunjukkan kesedihannya karena pemimpin yang bertanggung jawab terhadap perbaikan jalan rusak dari Manyar hingga Sedayu, tak berdaya. Sungguh tragis,” kata amrullah.

Lain lagi yang dikatakan Taufik, seorang guru yang setiap hari melintas di jalan nasional itu. Menurur dia, jalan berlobang harusnya bisa ditambal, sambil menunggu perbaikan secara total. “Kalau dibiarkan begini warga akan terus protes,” ucapnya.

Pemindahan pipa gas ke tengah jalan oleh warga tadi malam diduga sebagai ekspresi kekesalan warga terhadap adanya proyek perusahaan gas negara itu, yang dianggap ikut menambah kerusakan jalan nasional.

“Jalan ambles dan retak-retak,” kata Eko, seorang penjaga warung yang ada di dekat lokasi jalan rusak. (amn)