Pemkab Gresik Kembali Raih Penghargaan Opini WTP

0
9 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menerim penghargaan Opini WTP yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo didampingi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur R. Wiwin Istanti di Gedung Grahadi, Surabaya (1/11/2017). (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 dengan capaian standart tertinggi, sehingga meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan tersebut merupaka kali kedua yang diterima oleh Pemkab Gresik karena dinilai telah berhasil dalam menyusun laporan dan menyajikan laporan keuangan Tahun 2016 secara baik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo didampingi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur R. Wiwin Istanti di Gedung Grahadi, Surabaya (1/11/2017).

Bupati Sambari mengaku bersyukur atas penghargaan yang telah diraih Pemkab Gresik. Dia menyatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerjasama semua pihak di jajaran Pemerintahan Kabupaten Gresik serta atas dukungan dan doa masyarakat.

“Penghargaan ini sebagai apresiasi atas komitmen jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk menciptakan sistem pengelolaan keuangan yang akuntabel dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Sambari.

Selain itu, dukungan SDM yang berkualitas dalam melaksanakan sistem manajemen keuangan juga dinilai semakin baik.

Sambari menegaskan, bahwa transparansi pengelolaan keuangan selalu diterapkan sejak awal masa jabatannya hingga sekarang. Dia mengaku terus memberi motivasi kepada jajaran pengelola keuangan dan memberi instruksi kepada semua kepala OPD untuk menyajikan laporan keuangan yang akuntabel, update dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Untuk penyusunan laporan keuangan, selalu kami terapkan sesuai dengan kaidah-kaidah akuntansi yang telah dipersyaratkan,” ujarnya.

Ia berharap ke depan seluruh kepala OPD dan jajaran pengelola keuangan untuk selalu meningkatkan akuntabilitas agar penggunaan anggaran efisien dan tepat sasaran. Sehingga opini WTP dapat selalu dipertahankan oleh pemkab Gresik. (iis/as)