Bonek dengan PSHT Saling Memaafkan

0
23 views
Bonek dan PSHT sepakat saling memaafkan pasca bentrok yang menewaskan dua orang. Kedua belah pihak menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada polisi. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Dua kelompok massa yang sempat terlibat bentrok hingga menewaskan dua orang, yakni suporter Persebaya atau Bonek denganĀ perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) bersepakat saling memaafkan.

Kesepakatan itu dicapai setelah dilakukan mediasi oleh Polrestabes Surabaya, Minggu (1/10/2017). “Kami pertemukan kedua kelompok agar mempercayakan proses hukum perkara ini kepada Polrestabes Surabaya,” ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal.

Dalam kesempatan itu, Iqbal mengaku bersyukur karena kedua kelompok yang pernah bertikai hingga menalan korban jiwa telah menyatakan saling memaafkan.

“Kami sepakat bahwa kejadian semalam itu adalah musibah yang tidak dikehendaki bersama,” kata Ketua PSHT Cabang Surabaya Maksum Rusakin.

Selanjutnya, Maksum memastikan akan meredam pergerakan dari segenap anggotanya agar tidak melakukan tindakan pembalasan dengan alasan apapun. “Saya tekankan kepada segenap anggota untuk menghormati proses hukum,” tegasnya.

Koordinator Bonek Andi Peci berharap peristiwa kekerasan ini menjadi yang terakhir bagi Bonek. Pihaknya menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat Polrestabes Surabaya.

“Kami mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya dua sahabat dari Persaudaraan Setia Hati Terate. Semoga ini menjadi pengalaman bagi kami untuk berbuat lebih baik,” ujarnya.

Andi mengaku berada di tempat kejadian perkara saat kejadian berlangsung. Bahkan, ia sempat mengantar korban ke rumah sakit terdekat sebelum akhirnya meninggal dunia.

Namun, Andi tidak bersedia membeberkan bagaimana awal mula massa bonek melakukan penghadangan yang menyebabkan dua anggota perguruan silat PSHT ini meninggal dunia. (ant/as)